Jurnal Zarah
Vol. 10 No. 1 (2022): Jurnal Zarah

AKTIVITAS ANTIBAKTERI JAMUR ENDOFITIK RS-2 YANG DIISOLASI DARI TUMBUHAN SAMBILOTO (Andrographis paniculata)

Riga Riga (Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, Padang, Indonesia)
Suryelita Suryelita (Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, Padang, Indonesia)
Sri Etika (Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, Padang, Indonesia)
Rani Aulia Suhanah (Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, Padang, Indonesia)
Varel Anshar Al Khairi (Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Andrographis paniculata yang dikenal dengan tumbuhan sambiloto dilaporkan menghasilkan berbagai metabolit sekunder dengan aktivitas antibakteri. Potensi senyawa antibakteri dari tumbuhan ini dapat dikaji lebih lanjut dari jamur yang berasosiasi dengan tumbuhan sambiloto. Tujuan dari studi ini adalah menganalisis potensi jamur endofitik yang berasosiasi dengan ranting tumbuhan sambiloto. Hasil inokulasi terhadap tumbuhan sambiloto menghasilkan jamur endofitik dengan kode RS-2. Uji aktivitas antibakteri terhadap ekstrak jamur RS-2 mengindikasikan bahwa jamur RS-2 mampu menghambat pertumbuhan dua bakteri uji dengan konsentrasi 1%, 3%, dan 5%. Studi lebih lanjut terkait senyawa bioaktif yang berkontribusi dalam aktivitas antibakteri jamur RS-2 perlu dilanjutkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

zarah

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Zarah menerbitkan artikel hasil penelitian, pengembangan, dan kajian literatur tentang berbagai topik dalam bidang Pendidikan Kimia dan Ilmu ...