Jurnal Sejarah dan Budaya
Vol 16, No 1 (2022): Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ‘’ARTICLE ASSIGNMENT-BASED TEACHING PRACTICE’’ BERBASIS APLIKASI RESPONSIVE WEBSITE DESIGN (ARBES)

Wahyu Djoko Sulistyo (ID Scopus: 57205247739, Universitas Negeri Malang)
Riki Pratama (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian pengembangan. Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk inovasi pembelajaran sejarah. Sesuai dengan perkembangan zaman, adopsi teknologi menjadi syarat utama. Bentuk produk dari adopsi teknologi yang dihasilkan dari penelitian ini adalah Aplikasi Responsive Website Design (ARBES). Aplikasi ini diimplementasikan pada mata kuliah Pasca Kemerdekaan Jurusan Sejarah Univeristas Negeri Malang (UM) . ARBES ini dirancang untuk mengemas pembelajaran sejarah yang inovatif dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan historis dan analisis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Dick dan Carrey yang telah diuji oleh peneliti sehingga menjadi 9 detail yang detail.Prorduk yang telah dikembangkan melalui validator ahli materi dan validator ahli media. Hasil dari penilaian validator menyatakan bahwa produk ini layak. Hasil validasi materi mendapatkan skor sebesar 87 persen dan hasil validasi media mendapatkan skor 92 persen. Selain itu, produk ARBES telah diuji coba oleh responden yang menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase sebesar 91persen. Hasil pengukuran untuk manfaat peningkatan kemampuan berfikir analisis historis menunjukkan angka koofisiensi yang signifikan.

Copyrights © 2022