Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika
Vol. 19 No. 1 (2022): JBMI

Analisis Peningkatan Kualitas Layanan Mobile Banking dengan Pendekatan Metode E-Servqual

Zulfina Arizky Zulkifly (Universitas Hasanuddin)
Nurdin Brasit (Universitas Hasanuddin)
Muhammad Sabranjamil Alhaqqi (Universitas Hasanuddin)
Sherry Adelia (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya peningkatan kualitas layanan mobile banking dengan pendekatan metode E-Servqual yang meliputi kualitas informasi (information quality), keamanan (security), hubungan dengan pelanggan/nasabah (customer relationship), serta responsivitas dan pemenuhan (responsiveness and fulfillment) yang menjadi indikator pengukuran tingkat keberhasilan kualitas pelayanan mobile banking PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan applied research. Data penelitian ini diperoleh dari observasi dan wawancara langsung kepada pihak bank serta nasabah pengguna mobile banking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mobile banking PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar sudah dapat dikatakan berjalan dengan baik. Semua indikator dimensi E-Servqual secara umum mampu diaplikasikan dengan cukup baik dalam pelayanan mobile banking. Kapasitas sumber daya manusia dan kepercayaan nasabah (trust) menjadi faktor determinan yang dominan mempengaruhi peningkatan kualitas layanan mobile banking. Pelayanan mobile banking dipersepsikan dengan baik dan mendapat ekspektasi yang lebih dari nasabah, secara umum pelayanan yang diberikan pihak bank sudah cukup memenuhi ekspektasi nasabah pengguna layanan mobile banking.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jbmi

Publisher

Subject

Description

Jurnal Bisnis Manajemen & Informatika (JBMI) with ISSN: 0216-4132 published by the Department of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University, is a scientific period that seeks to actively participate in efforts to find / develop, disseminate and apply business, management, ...