Jurnal Mirai Management
Vol 7, No 1 (2022)

Pengaruh Brand Equity terhadap Minat Beli pada Produk Kosmetik Pixy di Kota Bandung

Hania Salsabila (PPs STIE Amkop Makassar)
Imanuddin Hasbi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2022

Abstract

Perubahan gaya hidup terkait kesadaran diri bagi perempuan yang senantiasa ingin tampil menarik dan cantik sebgai upaya untuk meningkatkan kepercayaan dirinya dengan menggunakan produk kosmetik. Saat ini banyak merek produk kosmetik yang beredar di Indonesia salah satunya adalah Pixy Kosmetik. Pixy Kosmetik merupakan merek kosmetik yang sudah berdiri hampir 40 tahun lamanya. Meskipun sudah berdiri hampir 40 tahun, namun keberadaan Pixy Kosmetik saat ini mulai tergeserkan oleh merek-merek kosmetik baru. Hal tersebut diketahui dari skor Top Brand Index yang kian menurun dan juga dari hasil penjualan pada e-commerce yang memiliki nilai terendah. Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana pengaruh dari brand equity terhadap minat beli pada produk kosmetik Pixy di Kota Bandung. Metode kuantitatif dipergunakan pada penelitian ini memanfaatkan jenis penelitian deskriptif, non probability sampling dipergunakan sebagai metode sampling dengan menggunakan purposive sampling. Banyaknya responden penelitian ini sejumlah 110 orang. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Penelitian yang dilakukan diketahui bahwa brand equity yang terdiri dari brand awareness, perceived quality, brand association, dan brand loyalty berpengaruh secara simultan terhadap minat beli. Untuk uji secara parsial bahwa perceived quality dan brand loyalty berpengaruh signifikan pada minat beli, sedangkan brand awareness dan brand association tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada produk kosmetik Pixy di Kota Bandung. Brand equity memiliki pengaruh sebesar 72,1% terhadap minat beli. Keywords: Ekuitas Merek, Minat Beli

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mirai

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mirai Management adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Pascasrajan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar terbit perdana sejak tahun 2016. ...