Jurnal Taman Vokasi
Vol 10 No 1 (2022)

Evaluation of internship program during the covid -19 pandemic for vocational students using the CIPP model

Anisatul Auliya (Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi kegiatan pemagangan di masa pandemi Covid-19 menggunakan model CIPP yang di kembangkan oleh Stufflebeam bagi seluruh mahasiswa /I tahun Angkatan 2018 di program studi pariwisata Vokasi UI sebanyak 72 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif kemudian proses pengumpulan data dilakukan secara triangulasi sumber . Penelitian ini menghasilkan 4 (empat) kesimpulan diantaranya :Hasil evaluasi konteks menunjukkan bahwa perusahaan tetap melakukan persiapan dengan menyampaikan kegiatan dan tujuan sebelum memulai kegiatan magang yang dilakukan secara online dan offline; Evaluasi Input: dimasa pandemi perusahaan tetap memberikan fasilitas yang baik kepada perserta magang, terdapat pembagian jadwal kerja antara bekerja dari rumah atau di kantor  serta memberikan tanggung jawan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. Evaluasi Proses: hasil menunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan ilmu serta pengalaman selama kegiatan ini walapun kegiatan magang tidak dilakukan secara tatap muka 100% hanya terdapat kendala yang dihadapi terkait dengan ketersediaan jaringan internet ketika sedang bekerja dari rumah. Evaluasi Produk : hasil evaluasi dari pelaksanaan magang mahasiswa memperoleh nilai yang memuaskan dan banyak pengalaman yang didapatkan. Program kegiatan magang mahasiswa ini harus terus dilakukan dengan meningkatkan kualitas pendampingan pembelajaran dan pengawasan yang diberikan kepada para peserta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tamanvokasi

Publisher

Subject

Automotive Engineering Education Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Taman Vokasi is a periodic scientific journals that publish research results in the field of Mechanical Engineering Education, Automotive, and vocational education of lecturers, researchers, teachers, students, practitioners and other relevant ...