Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 10, No 1 (2022): Juni 2022

ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN BAURAN (BLENDED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DI SDN SINDANG III

Firda Yunianti (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru)
Riski Ananda (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru)
Muh. Husen Arifin (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru)
Yona Wahyuningsih (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keefektifan serta bagaimana pengaruh model pembelajaran bauran (blended learning) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di SDN Sindang III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan wawancara dan wawancara sebagai sumber data, baik itu data primer, data sekunder. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekitar 64% dari total 25 orang siswa kelas V di SDN Sindang III menganggap pembelajaran bauran (blended learning)tidak berjalan dengan efektif terkendala beberapa hal seperti kurangnya fasilitas penunjang yang dimiliki siswa untuk mengikuti pembelajaran bauran ini serta pengaturan pembelajarannya yang masih kurang baik seperti bagian pembelajaran yang berani yang belum dilaksanakan secara semestinya, jam pembelajaran yang terlalu singkat membuat guru sulit untuk melaksanakan pembelajaran yang baik , kerjasama antara guru dengan orang tua siswa tidak berjalan dengan baik, serta pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan model dan media yang kurang variatif. Hal ini mengakibatkan proses pembelajaran yang dilakukan menjadi kurang optimal yang terlihat dari pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di kelas V SDN Sindang III hanya sekitar 48% yang termasuk dalam kategori sedang.Kata Kunci: Pembelajaran Bauran, Hasil Belajar, Kegiatan Ekonomi

Copyrights © 2022