PRISMA
Vol 11, No 1 (2022): PRISMA Volume 11, No 1 Tahun 2022

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus

Vivi Putri Setyaningsih (Unknown)
Dani Firmansyah (Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII SMP dalam memecahkan masalah matematis pada materi persamaan garis lurus. Peneliti mengambil subjek penelitian lima orang siswa kelas VIII SMP pada salah satu sekolah yang ada di Karawang yang sudah mempelajari materi persamaan garis lurus. Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa maka peneliti menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif dengan Instrumen utama pada penelitian ini yaitu peneliti sendiri dan di dukung instrumen tes dua butir soal uraian dan wawancara. Soal uraian tersebut akan mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan indikator pemecahan masalah Polya dan didukung dengan kesimpulan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan wawancara kepada subjek penelitian. Hasil penelitian dari kelima orang subjek menunjukkan bahwa masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Pada kelima orang hanya dua orang yang mampu menyelesaikan persoalan sesuai indikator walaupun hasilnya masih kurang tepat. Hasil tersebut juga diperkuat dengan kesimpulan hasil wawancara kepada kelima orang subjek mengatakan belum memahami persoalan karena belum pernah mendapatkan soal persamaan garis lurus berbentuk non rutin atau berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari atau lingkungan sekitarĀ  serta terbiasa diberikan soal dan mengerjakannya sesuai dengan dicontohkan oleh guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...