CogITo Smart Journal
Vol. 8 No. 1 (2022): Cogito Smart Journal

Daya Tarik Marketplace bagi Generasi Z di Masa Pandemi COVID-19

Andrew Christian Aseng (Universitas Klabat)
Lanemey Brigitha Pandeirot (Universitas Klabat)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2022

Abstract

Perkembangan marketplace yang semakin pesat ditambah meningkatnya transaksi di marketplace karena pandemi COVID-19 serta proyeksi bahwa generasi Z (gen Z) akan berperan penting dalam perkembangan transaksi secara online membuat topik ini menarik untuk dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apa yang menjadi daya tarik dari marketplace bagi gen Z terlebih di masa pandemi COVID-19. Penyusunan instrumen penelitian berdasarkan tinjauan literatur terkait dan wawancara intensif ke beberapa mahasiswa dari gen Z. Kuesioner dengan 34 butir pertanyaan disebarkan secara online kepada 374 gen Z. Data kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan exploratory factor analysis. Hasil pemfaktoran diperoleh ada empat faktor daya tarik marketplace bagi gen Z pada masa pandemi ini, yaitu: faktor pengiriman dan jaminan keamanan, faktor ketersediaan barang dan popularitas, faktor kemudahan bertransaksi, dan faktor aksesibilitas. Beberapa saran dan rekomendasi diberikan sehubungan dengan hasil yang diperoleh kepada penyedia marketplace maupun gen Z dan juga untuk penelitian selanjutnya.Kata kunci— marketplace, gen Z, daya tarik, pandemi COVID-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cogito

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering

Description

CogITo Smart Journal adalah jurnal ilmiah di bidang Ilmu Komputer yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat anggota CORIS (Cooperation Research Inter University) dan IndoCEISS (Indonesian Computer Electronics and Instrumentation Support Society). CogITo Smart Journal dua kali ...