cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. minahasa utara,
Sulawesi utara
INDONESIA
CogITo Smart Journal
Published by Universitas Klabat
ISSN : 25412221     EISSN : 24778079     DOI : -
CogITo Smart Journal adalah jurnal ilmiah di bidang Ilmu Komputer yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat anggota CORIS (Cooperation Research Inter University) dan IndoCEISS (Indonesian Computer Electronics and Instrumentation Support Society). CogITo Smart Journal dua kali setahun, yaitu setiap bulan Juni dan Desember. CogITo Smart Journal menerima berbagai naskah yang sifatnya baru dan asli dari hasil penelitian, telaah pustaka, dan resensi buku dari bidang Ilmu Komputer dan Informatika yang boleh ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Kata CogITo berasal dari Bahasa Latin yang berarti I Think. Sehihngga CogITo Smart berarti I Think Smart dalam Bahasa Inggris.
Arjuna Subject : -
Articles 271 Documents
Perancangan Game Mobile Android Bergenre Horror - David
CogITo Smart Journal Vol 2, No 2 (2016): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (865.163 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v2i2.27.167-179

Abstract

Game yang menjadi favorit dikalangan gamer adalah game bertipe FPS (First Person Shooter) dan bergenre horror. Penelitian ini merancang game bergenre horror dan bertipe FPS yang menjadi kombinasi yang sangat menarik untuk dikembangkan. Penulis akan mengembangkan game ini dengan menggunakan software Blender sebagai pembuatan terrain dalam game, bahasa pemrograman C# dan menggunakan Unity 3D 5.3 sebagai engine nya. Fitur dari game ini berupa misteri/teka-teki, petunjuk, dan jumpscare yaitu dimana pemain akan dikejutkan dengan suara, objek bergerak dan sebagainya. Metode perancangan perangkat lunak yang digunakan adalah Metode Pengembangan Multimedia Luther yang meliputi tahapan Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Hasil penelitian berupa sebuah game berjudul The Dead Corridor dengan tampilan First Person Shooter 3D setting Horror. Penilaian tingkat kemudahan permainan dapat disimpulkan berdasarkan pendapat responden secara keseluruhan yaitu permainan ini sangat mudah dimainkan.  Storyline pada game The Dead Corridor dinilai masih terlalu singkat, maka perlu untuk pengembangan Storyline selanjutnya dapat dibuat lebih rumit dan kompleks.Kata kunci—Mobile Game, Android, Genre Horror, First Person Shooter, Metode Luther
Penyediaan Data Real Produksi Komoditas Pangan Padi Dan Jagung Dengan Penerapan E-Commerce Reynoldus Andrias Sahulata
CogITo Smart Journal Vol 3, No 1 (2017): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (942.757 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v3i1.55.139-151

Abstract

Mengetahui secara pasti terhadap kebutuhan pangan strategis khususnya padi danjagung bagi bangsa Indonesia adalah suatu keniscayaan. Oleh karna itu diperlukantersedianya data real di lapangan yang diperoleh dari para petani sebagai penghasil komoditaspangan baik padi dan jagung disatu sisi dan pada sisi yang lain adanya data keperluankonsumsi pangan baik padi dan jagung di tingkat nasional, sehingga dari kedua sisi datatersebut dapat diketahui secara pasti apakah negara atau pemerintah dapat mengambilkebijakan dalam rangka penyediaan pangan bagi masyarakat, sehingga ketidaksamaan yangterjadi pada kementerian pertanian sebagai badan yang ditugasi untuk menyediakan pangansecara mandiri dan dengan kementerian perdagangan yang mempunyai tugas untukmenyediakan komoditas pangan strategis pangan di masyarakat tidak salah mengambilkebijakan yang disebabkan adanya data yang berbeda pada masalah yang sama yaitu berapabanyak komoditas padi dan jagung yang dihasilkan dan berapa besar kebutuhan konsumsi padidan jagung di masyarakat. Penelitian ini adalah untuk mendapatkan data hasil pertanian padidan jagung yang diperoleh langsung di tingkat petani penggarap padi dan jagung, sehinggadiperoleh data yang real dari hasil produksi dengan membandingkannya dengan datakebutuhan padi dan jagung nasional maka akan diketahui apakah ketersediaan pangan padidan jagung cukup atau tidak.Kata Kunci : Penyediaan data real komoditas pangan, komoditas beras dan jagung, pembuatkebijakan pangan.
Perbandingan Performa Kinerja Node.js, PHP, dan Python dalam Aplikasi REST Anugerah Christian Rompis; Rizal Fathoni Aji
CogITo Smart Journal Vol 4, No 1 (2018): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (588.775 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v4i1.92.171-187

Abstract

Dengan berkembangnya jumlah aplikasi yang terhubung ke Internet, baik desktop maupun mobile, kebutuhan akan aplikasi server yang mampu menyediakan performa yang baik semakin meningkat. Salah satu cara mengoptimalkan performa server adalah dengan memakai bahasa pemrograman yang tepat. Dalam penelitian ini, tiga bahasa pemrograman yang terkait erat dengan web yakni Node.js, PHP, dan Python dibandingkan performanya dengan cara mengukur kecepatan respon serta konsumsi sumber daya komputasi. Dari penelitian ini didapati bahwa Node.js memiliki durasi respon yang paling cepat, sedangkan PHP adalah bahasa pemrograman yang memiliki performa umum yang paling baik.
Widget Subscriber Sebagai Media Penyebaran Informasi Update pada Website Sk.raharja.ac.id Untung Rahardja; Indri Handayani; Meylda Sarah Parwati
CogITo Smart Journal Vol 2, No 1 (2016): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (989.086 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v2i1.14.54-68

Abstract

Pentingnya informasi sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Penyebaran informasi yang cepat, akurat dan berkualitas menjadi bagian didalam sebuah informasi yang baik. Website merupakan Kumpulan halaman-halaman yang didalamnya terdapat teks, gambar, suara, animasi, dan video dan dapat diakses menggunakan browser. Pada penelitian ini membahas media penyebaran informasi secara timeliness dengan menggunakan widget subscriber pada website jurusan sk.raharja.ac.id pada Perguruan Tinggi Raharja. Widget merupakan sebuah aplikasi yang di pasang dengan menggunakan beberapa kode Dengan adanya widget subscriber pada sk.raharja.ac.id ini memberikan kemudahan pengunjung dalam mendapatkan informasi menjadi lebih cepat dan tepat. Dengan hanya mendaftarkan email pengunjung pada field subscribe yang sudah disediakan pada sk.raharja.ac.id tersebut, maka setiap ada informasi atau artikel terbaru akan otomatis masuk ke email pengunjung tersebut. Hasil saat ini terdapat 122 subscriber pada sk.raharja.ac.id.  Manfaat dari widget subscriber dapat mempermudah pengguna (subscriber) dalam mengakses informasi terbaru secara tepat waktu dan cepat serta dengan adanya widget subscriber ini dapat meningkatkan kualitas website sk.raharja.ac.id pada Perguruan Tinggi Raharja.
Implementasi Sistem Pengontrolan Tower Air Universitas Klabat Menggunakan Mikrokontroler Marchel Thimoty Tombeng; Clarissa Angelica Tedjo; Natasya Andani Lembat
CogITo Smart Journal Vol 4, No 1 (2018): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.372 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v4i1.102.60-71

Abstract

Implementasi system pengontralan tower air di Universitas Klabat dilakukan untuk mengontrol pengisian air dalam bak penampungan. Implementasi  penelitian ini dibuat untuk menyelesaikan permasalahan air yang sering terjadi di Universitas Klabat yaitu terbuangnya air secara percuma atau habisnya persediaan air dalam bak penampungan sehingga warga kampus tidak mendapatkan pasokan air. Permasalahan tersebut muncul karena pengontrolan yang masih dilakukan secara manual. Sistem ini dapat menggantikan peranan petugas dalam pengontrolan pengisian bak penampungan sehingga permasalahan air yang sering terjadi terhindar. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) serta menggunakan proses model Prototyping. Perancangan sistem ini diimplementasikan menggunakan beberapa alat yaitu Mikrokontroler, menggunakan water level float sensor switch untuk mendeteksi ketersediaan air dalam bak, dan juga menggunakan Sim900 sehingga memungkinkan sistem mengirimkan SMS pemberitahuan kepada petugas. Hasil akhir dari penilitian ini adalah implementasi Sistem Pengontrolan Tower Air Universitas Klabat menggunakan mikrokontroler.Keywords : Pengontrolan, Mikrokontroler, SMS Gateway, Icomsat SIM900, Water Level Float Sensor Switch, Universitas Klabat.
SISTEM INFORMASI UJIAN BERBASIS WEB SERVER SMK BINA ISLAM MANDIRI (BISMA) KERSANA BREBES TEGAL M. Rifqi Tsani; - Nurhadianto
CogITo Smart Journal Vol 1, No 1 (2015): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (711.788 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v1i1.5.45-54

Abstract

Seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi informasi, mungkin akan sangat terbantu dengan adanya internet. Dengan internet, kita akan mudah menghadirkan layanan yang dapat diakses dari manapun dan kapanpun di dunia ini. Saat ini hampir setiap orang melakukan pengaksesan informasi, salah satunya dengan situs website. SMK BISMA Kersana merupakan sekolah swasta yang cukup terkenal di daerah Kersana. Dalam tiap tahunnya selalu mengalami kesulitan dalam menyajikan soal-soal yang akan diberikan kepada murid-muridnya. Begitu juga dalam melakukan sistem pengolahan nilai, pada SMK BISMA Kersana masih begitu sederhana sehingga memerlukan waktu yang lama. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan suatu sistem yang terkomputerisasi untuk mendukung kemajuan dan perkembangan sekolah tersebut. Maka dirancanglah sistem ujian online dan penilaian siswa berbasis web server. Dimana para guru langsung mengolah soal-soal ujian siswa. Begitu juga para siswa setelah melakukan ujian akan bisa langsung melihat hasil ujiannya. Dalam pembuatan sistem informasi ujian berbasis web server ini metode perancangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations). Dengan menggunakan sistem informasi berbasis web server ini dapat membantu guru dalam memberikan nilai pada anak didiknya yang telah melaksanakn ujian di karenakan sistem ini langsung memberikan hasil berupa nilai ujian setelah siswa melaksanakan ujian.
Viewboard Sebagai Laporan Jumlah Keseluruhan Artikel Pada iLearning Raharja Ask and News Untung Rahardja; Indri Handayani; Lilis Setiani
CogITo Smart Journal Vol 3, No 1 (2017): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.097 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v3i1.44.42-55

Abstract

Sebuah informasi dapat mempengaruhi proses terjadinya komunikasi. Dengan perkembangan zaman yang kian modern seperti saat ini informasi jadi lebih mudah untuk didapatkan karena dapat diakses secara online melalui media elektronik. iRAN (iLearning Raharja Ask and New) sebagai media aplikasi online yang memberikan pelayanan informasi umum maupun khusus pada Perguruan Tinggi Raharja diharapkan dapat memberikan informasi yang selalu ter-up to date. Dalam sebuah sistem perlu adanya sebuah data yang dapat menggambarkan atau memberikan pengukuran performa dari sebuah sistem sebagai bukti jika sistem tersebut memberikan manfaat bagi masyarakat. Dashboard merupakan sebuah sistem aplikasi yang dapat menampilkan informasi dalam bentuk sebuah panel yang penting bagi pemimpin untuk dapat mengendalikan dan membawa organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Selain itu sebuah dashboard juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk memonitoring kinerja, mengevaluasi proses dan memberikan solusi bagi proses yang sedang berjalan. Dengan adanya viewboard atau dashboard diharapkan dapat memberikan informasi mengenai kinerja dari official site iRAN.
Implementasi Fuzzy Logic Controller pada Rice Cooker untuk Varietas Beras Ketan Ratna Aisuwarya
CogITo Smart Journal Vol 3, No 2 (2017): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1379.558 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v3i2.63.299-311

Abstract

Selain beras putih, terdapat beberapa jenis beras yang beredar di pasaran seperti beras merah, beras hitam serta beras ketan dengan bentuk, struktur dan kandungan yang berbeda. Perbedaan ini membutuhkan cara pengolahan yang berbeda pula. Beras ketan memiliki tekstur yang jauh lebih keras tetapi juga mudah lembek. Di Indonesia, rice cooker yang dijual dipasaran masih digunakan untuk memasak beras biasa. Proses memasak ketan menggunakan rice cooker tentu bisa dilakukan. Tetapi, untuk mengolah beras ketan dengan rice cooker dibutuhkan metode yang tepat. Penelitian ini menerapkan konsep kontrol rice cooker menggunakan metode fuzzy logic untuk jenis beras ketan. Pengontrolan dilakukan pada tahapan merendam (soaking) dengan nilai set poin suhu 30 oC. Fuzzy Logic akan menghasilkan nilai PWM sebagai output, sehingga dapat memberikan nilai tegangan yang sesuai agar suhu rice cooker akan tetap stabil di titik 30 oC selama 30 menit. Hasil pengujian sistem secara keseluruhan untuk 3 jenis massa beras menunjukan bahwa perbedaan massa tidak mempengaruhi lamanya fase merendam, karena telah diimbangi dengan penggunaan air yang sesuai.  Ketan yang dimasak menggunakan rice cooker yang dikontrol memiliki tekstur yang lunak dan lengket serta matang secara merata jika dibandingkan dengan ketan yang dimasak tanpa pengontrolan. Keywords : Rice Cooker, Fuzzy Logic, Beras Ketan
OPSS: Online Paper Submission System Untuk Kegiatan Konferensi Ilmiah Reymon Rotikan
CogITo Smart Journal Vol 2, No 2 (2016): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (720.755 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v2i2.32.229-239

Abstract

Penyelenggaraan suatu kegiatan konferensi ilmiah merupakan sebuah kesempatan bagi para peneliti untuk bertemu dan berbagi tentang penelitian atau studi yang sedang dikerjakan. Salah satu bagian terpenting dalam pelaksanaan konferensi ilmiah adalah proses submission dan review paper yang dikirimkan oleh peneliti. Walaupun saat ini sudah tersedia sistem yang dapat digunakan untuk mengelola proses submission dan review paper, namun penggunaannya cukup kompleks dengan banyaknya menu yang tersedia, tapi tidak semuanya digunakan. Hal lain dari sistem yang telah tersedia saat ini adalah menerapkan sistem hosting berbayar, sehingga keamanan data atau paper yang telah dikirim oleh peneliti harus dipercayakan kepada pihak penyedia layanan yang tidak menutup kemungkinan terjadinya pencurian data. Dalam studi ini dikembangkan sebuah aplikasi berbasis Web (Online Paper Submission System) OPSS yang dapat digunakan untuk proses submission dan review paper. Dengan tampilan yang sederhana dan tidak rumit, aplikasi yang dikembangkan dapat digunakan dengan mudah baik oleh penyelenggara konferensi, reviewer, dan juga peneliti atau author. Selain itu aplikasi yang dibuat juga dapat menampilkan statistik dari paper yang dikirimkan.Kata kunci: konferensi ilmiah, paper submission and review, aplikasi Web , OPSS 
Analisis Efektivitas Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan COBIT 5.0 di Universitas Klabat Steven Lolong; Dipta Divakara Pius Purwadaria
CogITo Smart Journal Vol 3, No 2 (2017): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (752.956 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v3i2.70.185-195

Abstract

Sistem informasi yang telah berhasil diimplementasikan dan berjalan dalam kurun waktu tertentu tidak akan lepas dari masalah. Dalam meningkatkan ataupun menjaga agar masalah yang ada tidak terulang perlu adanya pengukuran. Oleh karena itu, peneliti menganalisa efektivitas sistem informasi perpustakaan di Universitas Klabat, sehingga pihak Universitas Klabat dapat melakukan peningkatan terhadap sistem informasi perpustakaan jika dibutuhkan. Adapun metode yang digunakan peneliti untuk mendapatkan data yang digunakan dalam pengukuran melalui wawancara dan kuesioner. Basis pengukuran menggunakan framework COBIT 5.0. Penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda dalam melakukan pengolahan data dengan kakas SPSS. Dari penelitian ini didapati bahwa secara keseluruhan berdasarkan sudut pandang pengguna terdapat pengaruh efektivitas dari keempat variabel yang diuji terhadap sistem informasi perpustakaan di Universitas Klabat, sedangkan dari sudut pandang staff perpustakaan tidak ditemukan pengaruh yang signifikan terhadap sistem informasi perpustakaan di Universitas Klabat. Keywords :COBIT, sistem informasi, efektivitas, perpustakaan

Page 1 of 28 | Total Record : 271