Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan
Vol 5, No 1 (2022): Eklektik

Penerapan Promosi Mulut ke Mulut dalam Pemasaran Jasa Pendidikan di PPMI Assalaam Sukoharjo

Topan Andriyawan Saady (Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta)
Yusup Rohmadi (Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan promosi mulut ke mulut dalam pemasaran jasa pendidikan Islam di Ponpes Modern Islam Assalaam Sukoharjo di tahun akademik 2020-2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan observasi kegiatan SIPENWARU pondok, wawancara dengan para informan yaitu pengurus MPP, petugas SIPENWARU, serta Humas PPMI Assalaam, dan dokumentasi pada kegiatan SIPENWARU pondok dan media yang digunakan sebagai alat promosi  Analisis data dilakukan dengan menafsirkan informasi yang didapat dari ketiga teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi yang berorientasi mulut ke mulut sangat efektif dalam pemasaran jasa pendidikan di Ponpes Modern Assalaam Sukoharjo. Adanya keaktifan para Majelis Pondok Pesantren (MPP) yang senantiasa menerapkan promosi mulut ke mulut dalam pemasaran jasa pendidikan mampu mengajak masyarakat untuk mendaftarkan anaknya sebagai santri Ponpes dengan testimoni yang persuasif Kata Kunci : Promosi Mulut ke Mulut, Majelis Pondok Pesantren, Pemasaran Jasa Pendidikan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EKLEKTIK

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan adalah Jurnal diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi Faklutas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dengan Nomor E-ISSN 2622-5360 yang bekerja sama dengan ASPROPENDO (Asosiasi Propesi Pendidik ...