KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer
Vol. 4 No. 3 (2020): KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer

Aplikasi Data Nilai Raport Siswa Berbasis WEB Untuk Meningkatkan Pelayanan Nilai

Febriyana Lorenza (STMIK IKMI Cirebon)
Iin (STMIK IKMI Cirebon)
Nana Suarna (STMIK IKMI Cirebon)
Heliyanti Susana (STMIK IKMI Cirebon)
Dodi Solahudin (STMIK IKMI Cirebon)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2020

Abstract

Abstrak— SMK Sahida Lemahabang, proses pelaporan keterampilan dan prestasi belajar siswa oleh guru menggunakan raport yang dibagikan kepada orang tua siswa setiap akhir semester. Dalam proses pelaporan nilai raport guru merekap nilai siswa lalu nilai dimasukan kedalam Microsoft Excel dan buku rekap oleh walikelas. Dan pada saat ini sekolah pun mengalami kendala karena pandemi (Covid 19) yang mengakibatkan pembagian nilai raport yang tertunda. Untuk itu di perlukan sebuah sistem yang terkomputerisasi sehingga dapat menyelesaikan masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode waterfall dengan tahapan analysis, design system (sistem design), coding dan testing. Pemograman yang di hasilkan dari sistem ini adalah Aplikasi Data Nilai Raport berbasis web dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL dengan framework CodeIgniter. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu aplikasi nilai yang mempermudah pencatatan, pengecekkan, dan mencetak raport nilai siswa di sekolah. Dan diharapkan dapat mencapai tujuan sekolah dalam kegiatan penilaian agar berjalan dengan baik dalam masa pandemik ini. Sehingga, mempermudah guru dalam pengelolaan nilai siswa di SMK Sahidah Lemahabang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kopertip

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

KOPERTIP: Scientific Journal of Informatics Management and Computer is a periodical scientific journal that published 3 (three) times per year. This journal are giving chance to all academia and researchers to publish their works in field of information system, computer science, informatics, and ...