Indonesian Journal of Education and Learning
Vol 5, No 2 (2022): Indonesian Journal of Education and Learning

KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA

Salahudin Salahudin (STKIP TAMAN SISWA BIMA)
Subhan Subhan (STKIP TAMAN SISWA BIMA)
Mariamah Mariamah (STKIP TAMAN SISWA BIMA)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2022

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki mahasiswa sebagai calon guru. Mahasiswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik akan mampu memberikan solusi yang tepat terhadalap persoalan yang dihadapi. Namun kenyataan yang terjadi bahwa masih ditemukan mahasiswa semester I Jurusan PGSD di STKIP Taman siswa Bima dengan kemampuan pemecahan masalah yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian two group pretest-posttest non equivalen. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PGSD semester I yang terdiri dari tiga kelas di kampus II dan delapan kelas kampus I. Sampel penelitian dipilih dua kelas secara random dari populasi yang berjumlah sebelas kelas. Satu kelas untuk kelas eksperimen dengan diterapkan pembelajaran PBL dan satu kelas sebagai kelas kontrol (pembelajaran seperti bisa dengan menerapkan metode ceramah). Adapun instrument yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah adalah instrument tes berbentuk esay, sedangkan untuk mengukur minat belajar mahasiswa dengan menggunakan angket. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikan dari Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, dan Roy's Largest Root sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05 untuk aspek minat maupun pemecahan masalah. Maka dapat disimpulkan bahwa PBL efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar mahasiswa. Abstract Problem solving ability is one of the important skills that must be possessed by students as prospective teachers. Students who have good problem-solving skills will be able to provide appropriate solutions to the problems at hand. However, the reality is that the first semester students of the PGSD Department at STKIP Taman, Bima students still found students with poor problem-solving skills. This study aims to determine the effectiveness of PBL learning on problem solving abilities and student interest in learning. This research is a quasi-experimental research using a non-equivalent two-group pretest-postotest research design. The population of this study were all first semester PGSD students consisting of three classes on campus II and eight classes on campus I. Two classes were selected randomly from a population of eleven classes. One class is for the experimental class and PBL learning is applied and one class is the control class (learning can be done by applying the lecture method). The instrument used to measure problem solving ability is an essay-shaped test instrument, while to measure student interest in learning using a questionnaire. Analysis of research data using t-test at a significant level of 5%. The results showed that the significant value of Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, and Roy's Largest Root was 0.000 and less than 0.05 for aspects of interest and problem solving. So it can be concluded that PBL is effective in terms of problem solving abilities and student interest in learning.

Copyrights © 2022