Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 5, No 2: Juni 2022

DESKRIPSI KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 17 PONTIANAK KOTA

Nelsi Arisandi (UNIVERSITAS TANJUNGPURA)
Siti Halidjah (Universitas Tanjungpura)
Suparjan Suparjan (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan dalam penulisan karangan yang dilakukan oleh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Pontianak Kota. Data dalam penelitian ini diambil dari karangan siswa yang berjumlah 21 yang kemudian  diidentifikasi dengan menerapkan metode baca dan catat. Instrumen penelitian ini adalah instrumen manusia, yaitu peneliti bertindak sebagai instrumen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman (2004). Temuan menunjukkan bahwa siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 17 Pontianak Kota telah melakukan beberapa kesalahan dalam penulisan karangan mereka dalam hal penggunaan huruf kapital, ejaan dan tanda baca. Singkatnya, 427 (73,75%) kesalahan penggunaan huruf kapital, 60 (10,36%) kesalahan ejaan kata, dan 92 (15,89%) kesalahan tanda baca telah ditemukan dalam karangan siswa. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...