HARMONI
Vol 6, No 1 (2022): HARMONI

PEMANFAATAN LAMAN MINATO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING BAHASA JEPANG

Dewi Saraswati Sakariah (Japanese Language and Culture Departement, Faculty of Humanities, Diponegoro University)
Arsi Widiandari (Japanese Language and Culture Departement, Faculty of Humanities, Diponegoro University)
Rossi Nugroho (Japanese Language and Culture Departement, Faculty of Humanities, Diponegoro University)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2022

Abstract

Artikel ini merupakan intisari dari hasil pengabdian yang dilakukan secara kolaboratif antara dosen dan mahasiswa. Pengabdian tersebut bertujuan untuk memaksimalkan kolaborasi dosen dan para mahasiswa dalam memanfaatkan platform pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Jepang bagi khalayak ramai yang memiliki minat terhadap bahasa Jepang dan budayanya.Pengabdian ini dilakukan setiap 1 minggu sekali selama 1 bulan dan dilakukan pada akhir pekan untuk memaksimalkan jumlah pembelajar daring. Metode pelaksanaan dilakukan secara daring dan berkala yang pada pelaksanaannya memberikan tutorial pembelajaran langsung dan memberikan ruang interaksi seluas-luasnya antara peserta dan pelaksana pengabdian. Kegiatan dengan metode tersebut memberikan manfaat yang dapat membekali para peminat bahasa Jepang untuk mampu memahami metode penggunaan laman Minato yang cukup kompleks sehingga dapat dimaksimalkan dalam pembelajaran bahasa Jepang otodidak kedepannya.Kata Kunci: Minato; Bahasa Jepang; pengabdian kepada masyarakat; pembelajaran daring This article is the essence of the results of community service which is carried out collaboratively between lecturers and students. This service aims to maximize the collaboration of lecturers and students in utilizing online learning platforms in learning Japanese for the general public who have an interest in the Japanese language and its culture. This service is carried out once a week for 1 month and is carried out on weekends to maximize the number of online learners. The implementation method is carried out online and periodically which in its implementation provides direct learning tutorials and provides the widest possible interaction space between participants and service implementers. Activities with this method provide benefits that can equip Japanese language enthusiasts to be able to understand the method of using the Minato page which is quite complex so that it can be maximized in self-taught Japanese learning in the future.Keywords: Minato; Japanese language; community service; online learning

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

harmoni

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Harmoni (E ISSN 2599-1795) merupakan jurnal berbasis pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada tiga bidang keilmuan yaitu Bahasa, Sastra, dan Budaya. Jurnal Harmoni dikelola oleh Departemen Linguistik Universitas Diponegoro dalam hal ini Program Studi Sastra Inggris dan Prodi Bahasa dan ...