Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 4 (Oktober 2022)

Strategi Daya Saing Pada MIS Nurul Wahidah Padangin Kalimantan Selatan

Harlis Setiyowati (Universitas Pradita)
Firdaus Firdaus (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari)
Gazali Rahman (Sekolah Tinggi Ilmu Quran (STIQ) Rakha Amuntai)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2022

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nurul Wahidah Padangin merupakan lembaga pendidikan yang dinaungi oleh Kementrian Agama. Pendidikan dasar memegang peranan penting dalam membentuk kepribadian siswa. Penelitian  bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dalam meningkatkan daya saing. Jenis penelitian  menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara dengan informan yaitu Kepala Sekolah,Guru, Orang Tua Siswa dan Masyarakat sekitar. Hasil dari penelitian bahwa Pihak Sekolah menggunakan startegi melalui sistem pendidikan Islam dalam berbagai aspek, seperti membekali mata pelajaran yang selaras dengan kurikulum, juga kurikulum khusus untuk memperkuat karakter seperti rutinitas sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah, seni membaca Quran dan tahfidz Quran. Selain menjadi satu-satunya lembaga pendidikan Islam di desa Padangin sehingga menjadikan brand image. Kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstra kurikuler dirancang sesuai dengan harapan orangtua, masyarakat dan komite madrasah. Kepercayaan orangtua terhadap Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan berpengaruh terhadap tingginya animo masyarakat. Sarannya perlu penguatan Pendidikan Bela Negara pada peran mata pelajaran Kewarganegaraan dalam membangun karakter peserta didik. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...