Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 3 (Juli 2022)

Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Sandiwara Boneka Di RA Nurul Yasin Mejobo Kabupaten Kudus

Aini Indriasih (Universitas Terbuka  Indonesia)
Ismartoyo Ismartoyo (Unknown)
Yuli Haryati (Unknown)
Sri Sumiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi model pembelajaran berdasarkan konsep dan model  Maria Montessori dengan metode sandiwara boneka yang fokus dalam meningkatkan kemampuan  berbahasa anak usia dini.   Desain   Penelitian Tindakan  kelas   ini menggunakan prosedur Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus yang meliputi a) perencanaan, b) pelaksanaan tindakan, c) pengamatan, dan d) refleksi. Subjek dalam   penelitiannya    adalah  anak usia dini pada RA  Nurul Yasin, kecamatan Mejobo  Kabupaten Kudus kelompok  B yang   berjumlah  17 anak didik.  Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes unjuk kerja anak melalui berbicara menceritakan  kembali isi cerita.  Hasil penelitian ini  antara lain 1) adanya peningkatan rata-rata kemampuan bahasa setelah mengikuti pembelajaran   pada siklus I dan II. Pada siklus I rata-rata kemampuan bahasa 74,59, pada siklus II rata-rata kemampuan bahasa 76,88, (2) secara individu, adanya peningkatan kemampuan bahasa anak melalui pembelajaran ini, yaitu jumlah anak yang mencapai ketuntasan individu 75%  pada  siklus I yang mencapai ketuntasan individu adalah  9 anak pada siklus II yang mencapai ketuntasan individu   sebanyak 14 anak, dan (3) secara klasikal, adanya peningkatan kemampuan bahasa anak melalui sandiwara boneka pada  siklus I yang mencapai ketuntasan klasikal adalah 52,94% pada siklius II yang mencapai ketuntasan klasikal sebesar 82, 33%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...