Instagram menjadi media sosial yang banyak diminati pada kalangan remaja akhir hingga dewasa awal. kemudahan dalam mengakses instagram membuat mereka seringkali membagikan aktivitas kesehariannya serta pencapaian-pencapaian yang diraih. Namun terdapat dampak buruk yang cukup signifikan dari penggunaan media sosial instagram yaitu melakukan perbandingan sosial keatas, hal inilah yang menimbulkan rasa iri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan rasa iri pada mahasiswa ubhara jaya pengguna media sosial instagram. Adapun teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling dengan jenis purposive sampling dengan subjek penelitian sebanyak 120 subjek. Hasil penelitian menunjukkan nilaikoefisien korelasi antara kepercayaan diri dengan rasa iri sebesar r = -0,432** dan p = 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kepercayaan diri dengan rasa iri. Semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin rendah rasa iri begitupun sebaliknya, semakin rendah kepercayaan diri maka semakin tinggi rasa iri. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti faktor lain yang memiliki hubungan dengan rasa iri pada pengguna media sosial instagram.
Copyrights © 2021