cover
Contact Name
sulistyo budiarto
Contact Email
st.budiarto@ustjogja.ac.id
Phone
+628112507600
Journal Mail Official
st.budiarto@ustjogja.ac.id
Editorial Address
Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiwa Jl. Kusumanegara 157, Kelurahan Muja-Muju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta 55165
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Spirits
ISSN : 20877641     EISSN : 26223236     DOI : http://dx.doi.org/10.30738/spirits.v10i1
Journal of Spirits is a scientific journal run by Faculty of Psychology Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. The Spirits journal aims to create a space for exchange of information on psychology. The Spirits journal aims to support the growth of new ideas and ideas about psychological knowledge in both contemporary psychology and selfbased psychology. Spirits journal is also expected to be a space for the development of Ki Hajar Dewantara ideas on psychology in Indonesia. Spirits Journal has a focus of study results with qualitative, quantitative and mix methods on the field of psychology.
Articles 106 Documents
Dukungan pasangan dan subjective well-being pada ibu yang menerapkan work from home di masa pandemi COVID-19 Sila Rahma Dahyu; Sowanya Ardi Prahara; Angelina Dyah Arum Setyaningtyas
JURNAL SPIRITS Vol 11 No 2 (2021): Konsep Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara dukungan pasangan dengan subjective well-being pada ibu yang menerapkan work from home. Penelitian ini menggunakan subjek berjumlah 60 ibu yang sedang melaksanakan work from home yang telah menikah dan memiliki anak. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala dukungan pasangan dan skala subjective well-being dengan menggunakan metode korelasi product moment dari pearson. Hasil analisis data diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.300 (p = 0.020). hal ini menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara dukungan pasangan dengan subjective well-being pada ibu yang menerapkan work from home pada masa pandemi COVID-19.
Proses pengambilan keputusan pada ODHA untuk terapi ARV di tengah tuntutan kerja Harum Widyatmoko; Emmanuel Satyo Yuwono
JURNAL SPIRITS Vol 11 No 2 (2021): Konsep Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh melemah, bahkan bisa menyebabkan kematian jika penderitanya telah masuk pada fase AIDS .Virus HIV hanya bisa ditekan menggunakan terapi Antiretroviral (ARV) berupa obat yang harus dikonsumsi seumur hidup dan dibutuhkan kepatuhan yang tinggi. Terapi ARV memunculkan efek samping yang bisa mengganggu kinerja dan produktivitas orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kognitif yang dilalui ODHA hingga mengambil sebuah keputusan untuk tetap bekerja dengan ataupun tanpa terapi ARV. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologis-deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan dua (2) partisipan ODHA dengan kriteria ODHA yang bekerja dan menjalani terapi ARV jenis FDC .Proses dalam pengambilan keputusan yang peneliti temukan pada ODHA untuk terapi ARV di tengah tuntutan kerja antara lain pengumpulan informasi di awal diagnosis, mempertimbangkan lanjut atau tidaknya pengobatan, pengambilan pilihan ketidakpatuhan dan bertahan dari konsekuensi ketidakpatuhan.
Humanisme religius dalam perspektif tri hayu Ika Lailatul Khikmah; Siti Hafsah Budi Argiati; Titisa Ballerina
JURNAL SPIRITS Vol 11 No 2 (2021): Konsep Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecanggihan teknologi yang menjadikan pergeseran norma yang terjadi dimasyarakat seperti pribadi yang individualis dan merosotnya akhlak terpuji maka dari itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh gambaran humanisme religius dalam prespektif Tri Hayu. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga subjek inti dan tiga informan. Subjek inti terdiri dari santriwati pesantren At-Tahdzib yang tidak tergabung dalam kepengurusan asrama putri. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis fenomenologi dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ketiga subjek yang bertempat tinggal dipesantren At-Tahdzib memiliki humanisme religius dalam prespektif Tri Hayu yang baik. Ditinjau dari memayu hayuning saliro tercermin dalam kehidupan sehari-hari merupakan hasil dari pembiasaan baik dari orang tua dan lingkungan sekitar untuk bisa menyelesaikan masalah pribadi. Memayu hayuning manungsa seseorang terwujud karena mendapatkan stimulus dari orang lain sehingga memunculkan respon baik untuk membahagiakan orang lain juga seperti tolong menolong pada sesama. Memayu hayuning bangsa dapat tercermin karena hasil pemikiran dan pendidikan individu untuk mewujudkan generasi yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar
Percaya diri dalam belajar Sekolah Menengah Pertama Anita; Martin; Hastiani
JURNAL SPIRITS Vol 11 No 2 (2021): Konsep Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap individu memiliki tingkat percaya diri yang berbeda dengan adanya percaya diri yang optimal maupun belum optimal. Hal tersebut membuat individu dengan percaya diri yang belum optimal dapat membuat ia tidak berkembang dalam segala hal. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami percaya diri siswa dalam belajar pada kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bengkayang pada aspek rasional, tanggung jawab, objektif, rasional dengan fokus penelitian pada aspek rasional. penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan skala percaya diri, observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data yang digunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian dengan tingkat percaya diri siswa kelas VII masuk dalam kategori belum optimal dalam belajar pada aspek rasional dan realistis dengan indikasi siswa merasa gugup jika ditanya oleh Bapak/Ibu Guru.
Berpikir merdeka pada pendidikan sanggar anak alam (SALAM) yogyakarta Bagus Setio Budiraharja; Titik Muti'ah; Ryan Sugiarto
JURNAL SPIRITS Vol 11 No 2 (2021): Konsep Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang mengkaji konsep dan praktik berpikir merdeka pada pendidikan Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta. Berpikir merdeka diteliti mengambil sudut pandang pendidikan konstruktif yang memberikan kemerdekaan bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian berjumlah lima orang stakeholder SALAM dan empat orang significant others, lokasi penelitian bertempat di Kabupaten Bantul. Temuan penelitian menunjukan bahwa konsep dan praktik berpikir merdeka di SALAM sudah diimplementasikan. Pengimplementasian nilai-nilai among dalam melaksanakan pendidikan yang terdiri dari tiga aspek diantaranya: 1) orientasi pendidikan yang berpusat pada murid; 2) makna belajar yang menganggap pembelajaran sebagai proses yang menyenangkan dan berorientasi pada proses; 3) memerdekakan murid melalui keleluasaan belajar bagi murid, menjalin kesepakatan belajar serta mengutamakan pendekatan dialogis. Dalam praktiknya melalui daur belajar sebagai implementasi konsep Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karya, Tut Wuri Handayani (Ing-Ing-Tut) menggunakan pendekatan riset. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya berupa ekosistem belajar yang dibangun dan kesadaran kolektif para aktor di SALAM.
Hubungan kodrat alam dengan minat belajar siswa Aspitasari; Berliana Henu Cahyani; Haniek Farida
JURNAL SPIRITS Vol 11 No 2 (2021): Konsep Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Minat belajar merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam proses belajar. Kodrat alam merupakan salah satu faktor internal yang berperan terhadap minat belajar. Siswa tumbuh menurut kodratnya sendiri, yaitu kekuatan lahir dan batin sehingga tidak bergantung kepada orang lain tetapi bersandar atas kekuatan sendiri. Tujuan penelitian ini adalah menguji secara empiris hubungan kodrat alam dengan minat belajar siswa SMPN 3 Imogiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Imogiri dengan jumlah sampel 89 siswa terdiri dari 48 laki-laki dan 41 perempuan. Uji korelasi menggunakan korelasi product-moment dari Carl Person antara variabel kodrat alam dengan minat belajar menunjukkan nilai (r)= 0,710 dengan p=0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima, artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat belajar dan kodrat alam. Sumbangan efektif kodtrat alam terhadap minat belajar sebesar 50,4 % dan sisanya 49,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini
Kesejahteraan psikologis keluarga penyintas bunuh diri Faizah Najlawati; Indriyati Eko Purwaningsih
JURNAL SPIRITS Vol 10 No 1 (2019): Konflik dan Kesejahteraan Psikologis
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (586.201 KB) | DOI: 10.30738/spirits.v10i1.6531

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui gambaran mengenai kesejahteraan psikologis keluarga penyintas bunuh diri di Desa Karangrejek Wonosari Gunungkidul. Subjek penelitian adalah empat orang anggota keluarga dengan salah satu anggota keluarga sebagai penyintas bunuh diri. Metode penelitian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, triangulasi, dan menyimpulkan data. Hasil analisis data adalah terdapat enam aspek yaitu penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, otonomi, penguasaan lingkungan, tujuan hidup dan pertumbuhan pribadi yang mewakili kesejahteraan psikologis pada keluarga penyintas bunuh diri. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa keluarga penyintas bunuh diri memiliki kesejahteraan psikologis yang baik dengan dipengaruhi oleh kepribadian dan dukungan sosial, serta adanya filosofi ‘digelar digulung’ yang ditanamkan dalam keluarga.Kata kunci: bunuh diri, kesejahteraan psikologisbunuh diri, keluarga
Kebersyukuran pada orang tua anak berkebutuhan khusus Aulia Rahman Putra; Nila Anggreiny; Septi Mayang Sarry
JURNAL SPIRITS Vol 10 No 1 (2019): Konflik dan Kesejahteraan Psikologis
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1558.093 KB) | DOI: 10.30738/spirits.v10i1.6532

Abstract

Abstrak. Orang tua yang memiliki lebih dari satu anak berkebutuhan khusus mengalami berbagai permasalahan yang lebih instens. Orang tua juga dituntut untuk mengusahakan yang terbaik dengan keterbatasan yang dimiliki oleh anak mereka tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mengusahakan yang terbaik bagi anak, dibalik permasalahan yang mereka alami adalah dengan bersyukur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kebersyukuran pada orang tua yang memiliki lebih dari satu anak berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Partisipan penelitian berjumlah empat orang yang terdiri dari dua orang tua yang memiliki lebih dari satu anak berkebutuhan khusus. Prosedur analisa data menggunakan metode Moustakas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua yang bersyukur ketika memiliki lebih dari satu anak berkebutuhan khusus, akan selalu mendoakan anak sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan, menerima keadaan anak, mengusahakan yang terbaik untuk anak, memiliki afek yang positif dan merasakan kepuasan hidup, memiliki sifat prososial, mengalami peningkatan dari segi ibadah, mengambil hikmah dari kondisi anak dan mengikuti acara yang berhubungan dengan keterbatasan anak. Selain itu, orang tua juga akan belajar dari pengalaman pengasuhan terhadap anak yang berkebutuhan khusus sebelumnya. Kebersyukuran pada orang tua dipengaruhi oleh faktor religiusitas, dukungan sosial dan kondisi anak.Kata kunci : Anak berkebutuhan khusus, Kebersyukuran, Orang tua
Keyakinan tidak rasional dan stres kerja pada profesi guru Ria Indah Sari Gaghana; Susy Purnawati; I Made Krisna Dinata
JURNAL SPIRITS Vol 10 No 1 (2019): Konflik dan Kesejahteraan Psikologis
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.341 KB) | DOI: 10.30738/spirits.v10i1.6535

Abstract

Abstrak. Respon emosional seperti stres bukanlah konsekuensi langsung terhadap stresor namun diatur oleh cara berpikir atau keyakinan tentang stresor dan cara seseorang untuk mengatasinya. Setiap orang memiliki keyakinan rasional dan tidak rasional. Hubungan antara keyakinan tidak rasional dengan gangguan emosi dapat dijelaskan dengan teori A-B-C. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keyakinan tidak rasional dan stres kerja pada guru SMAN di Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian analitik uji korelasi dengan desain penelitian studi potong lintang. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 46 sampel dengan teknik acak sederhana. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner keyakinan tidak rasional dan stres kerja. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan r = 0,366 dan p = 0,012 yang berarti bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keyakinan tidak rasional dan stres kerja pada guru SMAN di Denpasar.Kata kunci: hubungan, keyakinan tidak rasional, stres kerja
Pengaruh kemandirian belajar terhadap pemanfaatan internet sebagai sumber belajar Juwandi Juwandi; Rahma Widyana
JURNAL SPIRITS Vol 10 No 1 (2019): Konflik dan Kesejahteraan Psikologis
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.875 KB) | DOI: 10.30738/spirits.v10i1.6536

Abstract

Abstrak.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kemandirian belajar terhadap pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Subjek penelitian ini berjumlah 96 mahasiswa Universitas Paramadina Jakarta. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi. Hasil menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh terhadap pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,223. Dari uji t diketahui signifikansi koefisien regresi kemandirian belajar sebesar 5.195 (p<0,005). Artinya kemandirian belajar memberi pengaruh signifikan terhadap pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar

Page 1 of 11 | Total Record : 106