SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 4, No 2 (2021): July - December

Hambatan Komunikasi Verbal Antara Pasien Dengan Petugas Pelayanan Publik pada Saat Pandemi di Rumah Sakit Mata Nusa Tenggara Barat (NTB)

Nur Putri Anjung Sari (PPs STIE Amkop Makassar)
Iis Kurnia Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2022

Abstract

Abstrak Manusia sebagai makhluk sosial senantiasa ingin berhubungan dengan manusia lainnya. Ia ingin mengetahui lingkungannya bahkan ingin mengetahui apa yang terjadi dalam dirinya. Rasa ingin tahu ini memaksa manusia perlu untuk melakukan komunikasi (Rezi, 2018:17). Munculnya pandemi COVID-19 mengharuskan masyarakat untuk menggunakan masker saat berada ditempat umum. Berdasarkan observasi yang dilakukan, peneliti melihat adanya hambatan komunikasi verbal yang terjadi antara petugas pelayanan dengan pasien. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam bagaimana hambatan komunikasi verbal di RS Mata, NTB. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode kualitatif. Adapun untuk pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terbagi atas informan utama dan informan pendukung. Informan utama berjumlah 9 (sembilan) orang dan informan pendukung berjumlah 2 (dua) orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Colaizzi Hamzah. A (2018:97. Dari penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan adanya hambatan komunikasi verbal pada saat pandemi di RS Mata, NTB. Adapun hambatan-hambatan tersebut adalah hambatan semantik, psikologis, lingkungan, dan waktu. Sedangkan ditinjau dari hambatan teknis, komunikasi verbal dapat berjalan dengan baik. Kata Kunci: Komunikasi Verbal, Hambatan Komunikasi, Hambatan Komunikasi Verbal, Pandemi COVID-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...