PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA
2021: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 2 NOVEMBER 2021

TANTANGAN KOMPETENSI DIGITAL BAGI PENGAJAR DI ERA PANDEMIC COVID-19 TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN ABAD-21

Euis Meinawati (Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuikompetensi digital pengajar di masa pandemic covid-19terkait dengan penyelenggaraan pendidikan abad-21 yang berkualitas. Apalagi, teknologi informasi dankomunikasi telah dimanfaatkan sejak lama di dunia pendidikan. Namun, tantangan terbesar daripenerapanTIKadalahkompetensidigitalpendidik.Metodepenelitianyangdigunakanadalahpendekatan kualitatif melalui kegiatan survey.Data diambil menggunakan survei melalui penyebarankuesioner dan dokumen. Partisipan yang menjadi objek dari penyebaran kuesioner sebanyak 100pengajar dari salahsatuuniversitas swasta di Jakarta.Data yangterlahterkumpul di analisismenggunakan tahapan yaitureduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi.Hasilpenelitian menunjukkan bahwatantangan terbesar saat ini bagi pengajar adalah pengelolaan sumberdaya digital, penyelarasan pemanfaatan media sosial dan aplikasi teknologi, pemahaman terhadap TIKtepat guna serta memaksimalkan pengembangan diri. Jadi, para pengajar harus memahami lebih dalamkonsep dari pemanfaatan dan penggunaan TIK dalam pengajaran di masa pandemic covid-19. Hasilpenelitian bisa berimplikasi pada peningkatan pengembangan diri pengajar untuk TIK yang terusberkembangdiduniapendidikandanlembagapendidikanbisamemfasilitasipenyelenggaraanpengembangan kompetensi teknologi pengajar sesuai kebutuhan.Kata Kunci:Digital, Kompetensi, Pengajar, Pandemic Covid-19

Copyrights © 2022