Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2022): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

Proses Berpikir Refraktif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert

Putri Diana Sari (Unknown)
Eric Dwi Putra (Unknown)
Dwi Noviani Sulisawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara jelas tentang proses berpikir refraktif siswa extrovert dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa bertipe kepribadian extrovert dari siswa kelas IX D SMP Negeri 5 Jember.  Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan indikator berpikir refraktif dengan menggunakan triangulasi waktu. Penelitian dilakukan dari Oktober 2021 sampai November 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kepribadian extrovert dapat mengumpulkan informasi, menafsirkan informasi, serta menghubungkan informasi pengetahuan sebelumnya yang telah dimiliki untuk menyelesaikan soal. Pada proses penyelesaian, siswa extrovert dapat mengajukan 2 alternatif solusi penyelesaian, kemudian mengeliminasi alternatif tersebut untuk memperoleh solusi penyelesaian terbaik. Selanjutnya, siswa extrovert dapat menyelesaikan soal berdasarkan strategi yang dipilihnya, menentukan jawaban dengan tepat serta menyimpulkannya dengan valid. Hal ini menunjukkan  siswa extrovert mampu berpikir refraktif sesuai dengan indikator berpikir refraktif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...