Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara jelas tentang proses berpikir refraktif siswa extrovert dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa bertipe kepribadian extrovert dari siswa kelas IX D SMP Negeri 5 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan indikator berpikir refraktif dengan menggunakan triangulasi waktu. Penelitian dilakukan dari Oktober 2021 sampai November 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kepribadian extrovert dapat mengumpulkan informasi, menafsirkan informasi, serta menghubungkan informasi pengetahuan sebelumnya yang telah dimiliki untuk menyelesaikan soal. Pada proses penyelesaian, siswa extrovert dapat mengajukan 2 alternatif solusi penyelesaian, kemudian mengeliminasi alternatif tersebut untuk memperoleh solusi penyelesaian terbaik. Selanjutnya, siswa extrovert dapat menyelesaikan soal berdasarkan strategi yang dipilihnya, menentukan jawaban dengan tepat serta menyimpulkannya dengan valid. Hal ini menunjukkan siswa extrovert mampu berpikir refraktif sesuai dengan indikator berpikir refraktif.
Copyrights © 2022