Penelitian ini berawal dari masalah di SMP Al Ulum Medan yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kurangnya efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan menjadi penyebab rendahnya kemampuan tersebut. Sehingga penelitian ini dilaksanakan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah siswa setelah mendapatkan model pembelajaran inquiry berbantuan kalkulator. Penelitian ini tergolong penelitian kuasi eksperimen dengan desain yang digunakan pretest posttest control of group design. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Januari 2019 sampai dengan Maret 2019. Penelitian ini memiliki 64 siswa SMP Al Ulum Medan sebagai sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran inquiry berbantuan kalkulator, sedangkan kelas kontrol mendapat pembelajaran biasa. Data penelitian dianalisis menggunakan anava satu jalur pada program SPSS. Hasil perhitungan SPSS menunjukkan nilai sig 0,037 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapatkan pembelajaran inquiry berbantuan kalkulator lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa.
Copyrights © 2022