Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2022): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Kalkulator

Suci Dahlya Narpila (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Siti Fatimah Sihotang (Universitas Potensi Utama)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah di SMP Al Ulum Medan yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kurangnya efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan menjadi penyebab rendahnya kemampuan tersebut. Sehingga penelitian ini dilaksanakan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah siswa setelah mendapatkan model pembelajaran inquiry berbantuan kalkulator. Penelitian ini tergolong penelitian kuasi eksperimen dengan desain yang digunakan pretest posttest control of group design. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Januari 2019 sampai dengan Maret 2019. Penelitian ini memiliki 64 siswa SMP Al Ulum Medan sebagai sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran inquiry berbantuan kalkulator, sedangkan kelas kontrol mendapat pembelajaran biasa. Data penelitian dianalisis menggunakan anava satu jalur pada program SPSS. Hasil perhitungan SPSS menunjukkan nilai sig 0,037 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapatkan pembelajaran inquiry berbantuan kalkulator lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...