Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 5, No 4 (2022): Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN BUKU PENDIDIKAN SATU GURU SATU BUKU (SAGUSAKU) PADA GURU SMP DI ACEH TIMUR

Muhammad Taufik Hidayat (Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra)
Teuku Junaidi (Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra)
Muhammad Yakob (Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra)
Azrul Rizki (Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra)
Nuriana Nuriana (Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2022

Abstract

Program ini bertujuan untuk memberikan pembinaan dan pendampingan penulisan buku pendidikan Satu Guru Satu Buku (SAGUSAKU) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rantau Selamat. Peserta pengabdian adalah 35 orang guru yang mengabdi di SMP Negeri 1 Rantau Selamat. Aktivitas PKM ini dilakukan untuk memberikan pemahaman terkait (1) peningkatan motivasi guru di sekolah dalam proses menulis buku ajar, (2) memberikan pengetahuan dan pemahaman guru tentang teknis dan metode yang digunakan dalam menulis buku ajar, dan (3) menghasilkan buku ajar yang sesuai dengan kebutuhan materi dalam proses belajar mengajar. Metode realisasi dan pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelatihan penulisan buku, dan tahap monitoring serta penilaian. Hasil yang diperoleh selama kegiatan pengabdian ini ialah para peserta mampu menerbitkan sebuah buku yang ber-ISBN. Selain itu, guru juga dapat berkontribusi untuk melahirkan artikel melalui seminar dan jurnal-jurnal yang selama ini menjadi hal yang dilakukan oleh guru. Pada Kegiatan pelatihan ini 80% guru mengetahui tata cara penyusunan dan membentuk buku ajar yg ber-ISBN.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

martabe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Martabe Journal -Jurnal Pengabdian Masyarakat, published by Institute of Research and Community Service Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. This journal contains the results of publication lecturers to the community of agrokompleks, Teacher Training and Science of teknosains, and sosbudkum ...