NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 6 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PERSEPSI MASYARAKAT DALAM KEPEDULIAN PENGELOLAAN SAMPAH DI KELURAHAN WANCIMEKAR KECAMATAN KOTABARU

Siti Hasna Maria Ulfatul Muharomah (Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang)
Lukmanul Hakim (Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang)
Kariena Febriantin (Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah di Kelurahan Wancimekar Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Aktivitas apa saja yang dilaksanakan guna menunjang kebersihan di lingkungan sekeliling Kelurahan Wancimekar. Metode penelitian yang dipakai yakni dengan prosedur wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil yang didapati pada penelitian ini bahwasanya ada aktivitas kerja bakti yang dilaksanakan tiap hari sabtu. Perihal ini dilaksanakan oleh masyarakat Kelurahan bertujuan supaya masyarakat sekeliling untuk membantu masyarakat sekitar menjaga kebersihan lingkungan serta menyadari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Disisi lain belum terdapat program daur ulang sampah di sekitar masyarakat. Pasalnya, perusahaan lokal yang menangani semua sampah yang ada di TPA Wancimekar Kotabaru sudah diambil alih. Padahal hal-hal tersebut sangat dibutuhkan masyarakat sekeliling guna lebih menunjang kesadaran pengelolaan sampah dengan prosedur daur ulang sampah menjadi sesuatu yang bernilai. Jadi, bisa terlihat bahwasanya betapa pedulinya warga Desa Wancimekar terhadap pengelolaan sampah, meski mereka tinggal bersebelahan dengan instalasi pembuangan akhir. Aktivitas tersebut dapat menunjang kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan guna terwujudnya lingkungan hidup yang bersih, sehat serta menyenangkan guna selaku tempat tinggal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...