JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

The Effect Of Return On Asset (RoA), Return On Equity (RoE), Net Profit Margin (NPM), And Earnings Per Share (EPS) On Stock Price (Case Study In The Industry Company Sector Of Consumer Goods Listed On The Indonesia Stock Exchange Period 2018-2020)

Kirana Arya Risanti (Department of Management, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sri Murwanti (Department of Management, Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh return on assets, return on equity, net profit margin, dan earning per share terhadap harga saham. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan 31 sampel yang dipilih untuk penelitian. Penelitian ini menggunakan software eviews untuk mengolah data penelitian. Analisis yang digunakan adalah asumsi klasik, analisis regresi data panel, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa return on equity berpengaruh signifikan terhadap harga saham dan earning per share berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan di sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Sedangkan return on assets tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham dan net profit margin tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan di sektor industri barang konsumsi. yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2020.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...