Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak yang ditimbulkan dalam penggunaan gadget baik dampak positif ataupun dampak negatif terhadap perkembanga emosional anak. Penelitian ini dilakukan agar dapat mendeskripsikan dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi. metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatakan penelitian yang kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi anak. Dalam penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 26 orang terdapa 13 siswa yang menggunakan gadget lebih dari 2 jam dengan persentase 50,01% kategori tinggi, 10 siswa yang menggunakan gadget dengan durasi 30 menit-1 jam dengan persentase 38,46% kategori sedang dan 3 orang siswa yang menggunakna gadget 5-30 menit kategori rendah. Dampak positif yang ditimbulkan yaitu menambah wawasan siswa dan mempermudah siswa berkomunikasi dengan guru. Sedangkan dampak negatifnya yaitu mudah marah, menirukan tingkah laku pada gadget dan kecanduan memainkan gadget.
Copyrights © 2022