JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pengaruh Pemakaian Gadget pada Peserta Didik Sekolah Dasar Berkaitan dengan Perkembangan Psikologinya

Diren Agasi (Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Rizka Oktarina (Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Desyandri Desyandri (Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Irda Murni (Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak yang ditimbulkan dalam penggunaan gadget baik dampak positif ataupun dampak negatif terhadap perkembanga emosional anak. Penelitian ini dilakukan agar dapat mendeskripsikan dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi. metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatakan penelitian yang kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi anak. Dalam penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 26 orang terdapa 13 siswa yang menggunakan gadget lebih dari 2 jam dengan persentase 50,01% kategori tinggi, 10 siswa yang menggunakan gadget dengan durasi 30 menit-1 jam dengan persentase 38,46% kategori sedang dan 3 orang siswa yang menggunakna gadget 5-30 menit kategori rendah. Dampak positif yang ditimbulkan yaitu menambah wawasan siswa dan mempermudah siswa berkomunikasi dengan guru. Sedangkan dampak negatifnya yaitu mudah marah, menirukan tingkah laku pada gadget dan kecanduan memainkan gadget.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...