JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Implementasi Kebijakan Literasi Numerasi di Regina Caeli Elementary School Manado (RCESM)

Stief Aristo Walewangko (Program Studi PGSD, Universitas Katolik De La Salle Manado)
Viktory Nicodemus Joufree Rotty (Program Studi Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado)
Harol Refly Lumapow (Program Studi Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado)
Jeffry Sonny Junus Lengkong (Program Studi Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado)
Edino Ayub Lomban (Program Studi PGSD, Universitas Katolik De La Salle Manado)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan literasi numerasi di RCESM sebelum masa pandemi covid-19 dan selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru-guru, tenaga kependidikan, instruktur ekstrakurikuler, orang tua, dan siswa. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman, dengan aktifitas berupa data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi program literasi numerasi sebelum masa pandemi covid-19 dilaksanakan melalui: penetapan tim literasi RCESM dan penyusunan program literasi; waktu literasi 15 menit sebelum KBM; dekorasi lingkungan sekolah kaya literasi; kegiatan field trip bernuansa literasi numerasi; kegiatan ekstrakurikuler pramuka; kegiatan ekstrakurikuler robotik; kegiatan bazaar sekolah; dan kegiatan rekoleksi (live-in) di Wisma Lorenzo Lotta. 2) Implementasi program literasi numerasi selama masa pandemi covid-19 dilaksanakan melalui: pembelajaran berbasis proyek: muatan IPA dan SBdP; pembelajaran matematika: membuat bangun ruang dan menyusun puzzle; dan membuat dekorasi ruangan bernuansa literasi numerasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...