JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pembelajaran Ektrakurikelr Tari Daerah untuk Penanaman Karakter bagi Siswa SD N 17 Kampung Baru

Karnilawati Karnilawati (Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang)
Irza Rusni (Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang)
Desyandri Desyandri (Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang)
Farida Mayar (Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

Penyelenggaraan Pendidikan formal yang dilaksanakan Sekolah dengan tujuan yang telah dijabarkan dalam kurikulum, selain menuntut capaian secara akademik maupun non akademik yakni penanaman karakter yang baik. Sekolah sebagai penyelenggara pendidikan formal bagi generasi pembelajar, merupakan salah satu lembaga yang dapat berperan efektif dalam memberikan penanaman karakter. Metode penelitian kualitatif diterapkan dalam penelitian ini. Fokus penelitian ini adalah pada pembelajaran ekstrakurikuler tari. Penelitian dilakukan di SDN 17 Kampung Baru yang fokus pada pembelajaran ekstrakurikuler tari. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan pembelajaran non akademik yang dirancang oleh sekolah sebagai tambahan kurikulum sekolah. Salah satu kegitan ekstrakurikuler yang diagendakan oleh SD N 17 Kampung Baru adalah Tari Daerah. Ektra kurikuler ini menjadi salah satu kegiatan di luar jam sekolah yang sangat diminati oleh siswa. Dengan adanya ekstrakurikuler tarian daerah, siswa dapat mengembangan minat serta bakatnya di bidang seni tari. Siswa juga dapat mengenal lebih dekat mengenai kearifan local mengenai tarian daerah Pariaman. Beberapa tari daerah diajarkan dalam kegiatan ini. Masing-masing pesertanya dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan tarian yang diajarkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...