Perundungan merupakan salah satu faktor dalam keaktifan belajar siswa di sekolah, karena perundungan dapat mengakibatkan kepercayaan diri seseorangan menjadi menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan perundungan di SMPN 17 Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP N 17 kota Jambi dengan jumlah sampel sebanyak 56 orang. Penarikan sampel enggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa perundungan di SMP N 17 kota Jambi dapat dikategorikan sedang dengan jumlah persentase sebesar 55%, dan keaktifan belajar di SMP N 17 kota Jambi juga dapat dikategorikan sedang dengan jumlah persentase sebesar 57,89%. Nilai yang didapatkan dari uji hipotesis berdasarkan nilai t, nilai t hitung sebesar 10,842 > t tabel 1,673 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel perundungan (X) berpengaruh terhadap variabel Keaktifan Belajar(Y), dan untuk hasil R square pada dua variabel ini sebesar 0,685 yang dipresentasikan menjadi 68,5% yang dimaknai kuat. Hendaknya guru bk dapat melakukan kegiatan layanan yang dapat meningkatkan keaktifan siswa didalam kelas.
Copyrights © 2022