JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Miskonsepsi Unsur Novelty dalam Penelitian Pendidikan (Tinjauan Kajian Penelitian Relevan pada Skripsi Mahasiswa FTIK IAIN Pontianak)

Andina Nurul Wahidah (IAIN Pontianak)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2022

Abstract

Kajian penelitian relevan dalam skripsi seharusnya mampu memaparkan unsur novelty atau kebaharuan, namun faktanya seringkali hanya menjadi daftar penelitian relevan saja. Miskonsepsi unsur novelty ini perlu perhatian serius di tengah maraknya plagiarisme. Meskipun, terhindar dari plagiarisme belum tentu menunjukkan adanya novelty dalam penelitian. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengkaji unsur novelty berdasarkan tahapan literature review, dan (2) menyajikan rekomendasi perbaikan dari miskonsepsi unsur novelty dalam skripsi. Pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini menggunaan telaah observasi dokumen sebagai pengumpulan data utamanya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FTIK IAIN Pontianak yang menerbitkan skripsi tahun 2020-2021. Melalui teknik random sampling diperoleh sampel sejumlah 40 dokumen skripsi. Teknik dokumentasi dengan instrumen dokumen skripsi mahasiswa dianalisis dengan statistic descriptive untuk melihat rerata pada setiap indikator yang diukur. Hasil penelitian menunjukkan, (1) unsur novelty berdasarkan tahapan literature review pada skripsi mahasiswa FTIK IAIN Pontianak hanya sampai pada tahap pertama: compare (92,50%) dan tahap kedua: contrast (85%). Sedangkan tahap ketiga: criticize, tahap keempat: synthesize dan tahap kelima: summarize tidak dipaparkan dengan persentase 0%, dan (2) rekomendasi perbaikan dari miskonsepsi unsur novelty skripsi, sebaiknya dalam sub-bab kajian penelitian relevan dilakukan penyusunan untuk menemukan novelty dengan cara, membuat kuadran novelty, dan tabel cross check summarize.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...