Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat regulasi diri dalam belajar pada siswa yang sekaligus atlet di Jombang Basketball Club. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena menggunakan seluruh siswa yang tergabung pada Jombang Basketball Club yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket regulasi diri dengan 63 item pernyataan serta teknik analisis datanya menggunakan hitungan persentase. Aspek yang diukur dari regulasi diri dalam belajar siswa di sekolah meliputi 3 aspek, yaitu aspek metakognisi, motivasi, serta perilaku. Hasilnya Aspek motivasi 58,3% dalam kategori tinggi, pada aspek metakognitif 53,6% dalam kategori tinggi, sedangkan pada aspek perilaku 53,3% juga dalam kategori tinggi. Dari hasil penelitian keseluruhan mengenai tingkat regulasi diri dalam belajar siswa atlet yang sangat dominan adalah di kategori tinggi dengan persentase 55,9%, sehingga hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan regulasi diri siswa atlet jombang basketball club sudah optimal.
Copyrights © 2022