JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Survei Tingkat Regulasi Diri dalam Belajar pada Siswa Atlet Jombang Basketball Club

Yudi Dwi Saputra (Program Studi Pendidikan Jasmani, STKIP PGRI Jombang)
Nurdian Ahmad (Program Studi Pendidikan Jasmani, STKIP PGRI Jombang)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat regulasi diri dalam belajar pada siswa yang sekaligus atlet di Jombang Basketball Club. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena menggunakan seluruh siswa yang tergabung pada Jombang Basketball Club yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket regulasi diri dengan 63 item pernyataan serta teknik analisis datanya menggunakan hitungan persentase. Aspek yang diukur dari regulasi diri dalam belajar siswa di sekolah meliputi 3 aspek, yaitu aspek metakognisi, motivasi, serta perilaku. Hasilnya Aspek motivasi 58,3% dalam kategori tinggi, pada aspek metakognitif 53,6% dalam kategori tinggi, sedangkan pada aspek perilaku 53,3% juga dalam kategori tinggi. Dari hasil penelitian keseluruhan mengenai tingkat regulasi diri dalam belajar siswa atlet yang sangat dominan adalah di kategori tinggi dengan persentase 55,9%, sehingga hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan regulasi diri siswa atlet jombang basketball club sudah optimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...