JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Identifikasi Perilaku Agresif Non Verbal pada Siswa SMA Negeri 8 Kota Jambi

Mira Elyani (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)
Rasimin Rasimin (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)
Siti Amanah (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2022

Abstract

Perilaku Agresif Non Verbal yang sering terjadi di sekolah adalah mengganggu konsentrasi teman-teman saat proses jam pelajaran berlangsung, menendang, menyerang dan mendorong temannya. Menurut Penelitian Supriyo (2008: 67) Perilaku Agresif non-verbal adalah “suatu cara untuk melawan dengan sangat kuat, berkelahi, melukai, menyerang, membunuh, atau menghukum orang lain. Atau secara singkatnya agresif non-verbal adalah tindakan yang dimaksudkan untuk melukai orang lain atau merusak milik orang lain”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Menurut Sutja, dkk (2017:63) menyatakan bahwa “Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang berusaha menggambarkan keadaan subjek saat ini, atau menggambarkan lapangan sebagaimana adanya”. Subjek penelitian ini adalah siswa di SMA Negeri 8 Kota Jambi.jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 124 orang responden yang diambil melalui teknik Simple Random Sampling. Alat pengumpul data pada penelitian ini yaitu berupa angket model pernyataan tertutup dengan jawaban Ya dan Tidak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan maka, Hasil persentase secara keseluruhan yaitu memperoleh sebesar 35,64% pada indikator tinggi memperoleh sebesar 73% dengan kategori (tinggi), indikator sedang memperoleh sebesar 84,48% dengan kategori (tinggi), persentase indikator rendah memperoleh sebesar 59,67% dengan kategori (sedang).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...