JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Augmented Reality pada Materi Tata Surya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP

Atika Friska Lumban Gaol (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau)
Azizahwati Azizahwati (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau)
Zulhelmi Zulhelmi (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan media pembelajaran berbasis pendekatan saintifik menggunakan augmented reality untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Desain yang digunakan yaitu quasi eksperimen: Posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel berjumlah 65 orang siswa yang terdiri dari kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang siswa. Instrumen pengumpulan data berupa tes keterampilan berpikir kritis materi tata surya yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif melalui nilai rata-rata siswa dan analisis inferensial melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dan terdapat perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen yang menerapkan media pembelajaran berbasis pendekatan saintifik menggunakan augmented reality dengan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...