Jurnal Basicedu
Vol 6, No 5 (2022): October Pages 7664-9236

Korelasi Antara Perhatian Orang Tua dengan Disiplin Belajar Siswa pada Proses Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah

Amiratul Azizah (Institut Islam Mamba'
ul Ulum Surakarta)

Joko Subando (Institutut Islam Mamba'
ul Ulum Surakarta)

Indah Nurhidayati (Institutut Islam Mamba'
ul Ulum Surakarta)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian guna melihat korelasi dan signifikansi diantara perhatian orang tua terhadap disiplin belajar siswa dalam proses pembelajaran di MI Muhammadiyah Mergomulyo tahun pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ialah siswa kelas 3A MI Muhammadiyah Mergomulyo. Pendekatan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif jenis korelasional, metode pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi. SampelĀ  dan populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas 3A berjumlah 16 orang siswa. Penelitian ini memakai teknik analisis korelasional. Hasil penelitiannya meyimpulkan (1) adanya hubungan diantara perhatian orang tua terhadap disiplin belajar siswa pada proses pembelajaran yang dibuktikan oleh nilai korelasi r = 0,657. (2) hubangan keduanya signifikan dengan diperoleh nilai t = 3,2607 > 1,753. Maka kesimpulannya H0 ditolak dan H1 diterima, maka terdapat korelasi yang signifikan diantara perhatian orang tua dengan disiplin belajar siswa di MI Muhammadiyah Mergomulyo tahun pelajaran 2021/2022. Berdasarkan penlitian ini orang tua siswa perlu menjaga dan memberikan perhatian pada anak agar disiplin belajar siswa tetap dalam kategori tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...