Jurnal Kreativitas PKM
Vol 5, No 7 (2022): Volume 5 No 7 Juli 2022

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembelajaran Multikeaksaraan Usaha Kreatif Cheese Milk Shake pada Masa Pandemi Covid-19

Intan Purnama Dewi (Universitas Negeri Jakarta)
Karnadi Karnadi (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

ABSTRAK Kegiatan pelatihan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan kecakapan hidup, terutama pada masa pandemi covid-19 yang mempengaruhi pendapatan dan daya beli masyarakat. Kegiatan pelatihan usaha kreatif cheese milk shake merupakan salah satu alternatif kegiatan yang mampu menambah pengetahuan dan kecakapan hidup masyarakat sebagai bekal menambah penghasilan keluarga. Cheese milk shake merupakan salah satu olahan susu yang sedang diminati orang-orang terutama anak-anak muda. Pelatihan dilakukan pada warga belajar pendidikan keaksaraan fungsional mandiri di kampung Sukamaju RT.02 RW.06 Desa Cibuntu Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor yang berjumlah 12 orang dengan menggunakan metode demonstrasi, ceramah dan diskusi. Hasil evaluasi praktik menunjukkan peningkatan dari percobaan pertama ke percobaan kedua. Evaluasi pengemasan dan pelabelan produk juga mengalami peningkatan dari percobaan pertama ke percobaan kedua. Hasil angket warga belajar terhadap kegiatan pelatihan yang dilakukan berada pada kategori baik. Hal ini terlihat dari persiapan pelatihan 80% warga belajar menganggap persiapan pelatihan sudah baik. Sebanyak 85% warga belajar menganggap pelaksanaan pelatihan sudah baik. Sebanyak 80% warga belajar menganggap kompetensi pemateri sudah baik. Sebanyak 77,5% warga belajar menganggap materi pelatihan yang disampaikan sudah baik. Sebanyak 82,5% warga belajar menganggap penggunaan media sudah baik. Kegiatan pelatihan ini telah dilaksanakan dengan baik. Kata kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Multikeaksaraan, Cheese Milk Shake  ABSTRACT Training activities are very beneficial for people who need life skills, especially during the COVID-19 pandemic which affects people's income and purchasing power. Thecreative business training activity cheese milk shake is an alternative activity that can increase the knowledge and life skills of the community as a provision to increase family income. Cheese milk shake is one of the dairy products that people, especially young people, are interested in. The training was conducted for residents learning functional literacy education independently in Sukamaju village RT.02 RW.06 Cibuntu Village, Ciampea District, Bogor Regency, totaling 12 people using demonstration, lecture and discussion methods. The results of the practice evaluation showed an improvement from the first trial to the second experiment. Evaluation of product packaging and labeling also improved from the first experiment to the second experiment. The results of the citizen's questionnaire on the training activities carried out were in the good category. This can be seen from the training preparation 80% of the learning residents considered the training preparation to be good. As many as 85% of the learning residents considered the implementation of the training to be good. As many as 80% of learning residents consider the competence of the presenters to be good. As many as 77.5% of the learning residents considered the training materials delivered. This training activity has been well implemented. Keywords: Community Empowerment, Multiliterate, Cheese Milk shakes

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kreativitas

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) merupakan jurnal yang bertaraf nasional yang memiliki fokus utama pada pengaplikasian hasil penelitian dan ilmu-ilmu di bidang kesehatan yang dilakukan pada masyarakat dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Lingkup bidang pengabdian kepada ...