Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah)
Vol 5 No 2 (2022): Article Research Volume 5 Number 2, Juni 2022

- Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Niat Pembelian Produk Makanan Organik di Kota Batam

Nasar Buntu Laulita (Universitas Internasional Batam)
Erlinda Erlinda (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Permasalahan makanan sekarang semakin kompleks. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa makanan yang dikonsumsikannya saat ini mengandung zat-zat kimia seperti pengawet maupun pewarna, sehingga konsumen sekarang memilih makanan organik sebagai penggantinya karena produk yang ditentukan sudah lolos sertifikasi dan standarisasi. Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi niat pembelian terhadap makanan organik. Penelitian ini menggunakan teori niat pembelian (purchase intention) dan variabel penelitian berupa perceived behavioral control, subjective norm, environmental concern, health consciousness, dan attitude. Obyek penelitian yang dipilih adalah masyarakat kota Batam yang mempunyai niat pembelian terhadap makanan yang berunsur organik. Kuesioner disebarkan menggunakan google form, dimana terdapat 300 kuesioner yang digunakan dan untuk penelitian data diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS dan smartPLS. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa niat pembelian makanan organik berpengaruh signifikan terhadap perceived behavioral control, subjective norm, environmental concern dan health consciousness, serta attitude tidak berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian makanan organik. Manfaat dari penelitian ini ialah mengenali apa saja dengan mempengaruhi pandangan niat pembelian terhadap makanan organik.

Copyrights © 2022