JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Vol 7, No 2 (2022): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Pengembangan e-LKPD Berbasis Open Ended pada Materi Segi Empat Kelas VII

Dinda Genius Anggun Maretha (Universitas Ahmad Dahlan)
Suparman Suparman (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini untuk mengembangkan serta  mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari  e-LKPD berbasis open ended pada materi segi empat kelas VII. Jenis Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini ialah wawancara dan lembar angket untuk ahli media, ahli materi, dan respon peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammdiyah 2 Yogyakarta. Hasil penilaian ahli materi menunjukan bahwa e-LKPD berbasis open ended pada materi segi empat kelas VII dinyatakan sangat valid dengan presentase sebesar 91,66%. Kategori sangat valid juga ditunjukan berdasarkan penilaian ahli media dengan presentase adalah 90,38%. Sedangkan kategori sangat praktis ditunjukan berdasarkan hasil respon peserta didik melalui uji coba kelas kecil dan uji coba kelas besar dengan presentase 82,95% dan 81,92%. Dengan demikian, e-LKPD berbasis open ended pada materi segi empat kelas VII dapat digunakan oleh guru sebagai bahan ajar dalam proses mengajar di kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), ISSN 2477-2348 for Print version and ISSN 2477-2348 for Electronics version, is the official publication of Universitas Indraprasta PGRI. The scope of the journal includes all issues in the field of Mathematics ...