Jurnal Bidan Komunitas
Vol 5, No 2 (2022): Edisi Mei

Pengaruh Emotional Demonstration terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu tentang Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP ASI)

Uliyatul Laili (Universitas Nahdlatul Ulama Suarabaya)
Niluh Nita Silfia (Politeknik Kesehatan kemenkes Palu)
Hastuti Hastuti (Politeknik Kesehatan kemenkes Palu)
Gusman Arsyad (Politeknik Kesehatan kemenkes Palu)
Faina Faina (Politeknik Kesehatan kemenkes Palu)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2022

Abstract

Latar Belakang: Kabupaten Sigi merupakan kabupaten dengan angka Stunting tertinggi ke tiga dengan prevalensi Status Gizi balita yaitu Stunting 24.6%. Pemerintah kabupaten Sigi melalui Keputusan Bupati Sigi Nomor: 444-185 Tahun 2020 menetapkan 10 Lokasi Fokus (LOKUS) konvergensi percepatan penurunan stunting Tahun 2021. Satu dari sepuluh Lokus konvergensi percepatan penurunan stunting tersebut berada di Wilayah kerja Puskesmas Dolo. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Emotional Demontration (Emo Demo) Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Bayi 6 – 24 bulan Tentang Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP ASI). Metode: Penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen dengan rancangan the one grup pre test and post test. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu bayi 6 – 24 bulan dengan jumlah sampel 15 orang. Analisis yang digunakan adalah univariat dan bivariat menggunakan uji wilcoxon test. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan nilai p-value Pengetahuan sebesar 0,020 dan p-value sikap sebesar 0.003 (P 0,05).. Kesimpulan: Terdapat pengaruh emo demo terhadap pengetahuan dan sikap ibu bayi 6 – 24 bulan tentang pemberian MPASI di wilayah kerja Puskesmas Dolo Kabupaten Sigi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jbk

Publisher

Subject

Health Professions

Description

Jurnal Bidan Komunitas adalah jurnal elektronik yang dikelola oleh Program Studi Kebidanan, Fakultas Farmasi dan Kesehatan, Institut Kesehatan Helvetia (IKH). Jurnal ini memuat artikel penelitian (Research Article) di bidang kesehatan khususnya Kebidanan dengan lingkup: Kehamilan, Persalinan, Nifas, ...