Biolearning Journal
Vol 9 No 1 (2022): Biolearning Journal (Februari 2022)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PLANTAE DI KELAS X MA NURUL YAQIN KABUPATEN SORONG

Novalina Sables (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Sirojjuddin Sirojjuddin (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Anang Triyoso (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2022

Abstract

Model pembelajaran berbasis proyek, Project Based Learning merupakan model belajar yang melibatkan siswa secara langsung dalam memecahkan permasalahan. Melalui kegiatan proyek, siswa diberi kesempatan untuk aktif mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalaman mereka dalam beraktifitas secara nyata. Jenis ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X MA Nurul Yaqin Kabupaten Sorong. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Selanjutnya, Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 MA Nurul Yaqin. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling class yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata menggunakan project based learning yaitu 88 sedangkan nilai rata-rata sebelum menggunakan project based learning yaitu 67. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh 0,009 artinya bahwa hasil yang telah diperoleh < 0,05 . Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran project based learning dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran project bases learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalbiolearning

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is ...