EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Validitas Buku Ilmiah Digital Keanekaragaman Tumbuhan Semak di Areal Reklamasi Pertambangan Batubara

Baitur Rahmi (Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia)
Maulana Khalid Riefani (Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia)
Nurul Hidayati Utami (Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Validasi produk penting dilakukan untuk mengidentifikasi kekurangan ataupun kesalahan dari hasil pengembangan produk. Selanjutnya hasil pengembangan produk perlu dilakukan perbaikan dari aspek relevansi, akurasi, kebahasaan, dan proses pembelajarannya. Produk yang dikembangkan adalah buku ilmiah digital tentang keanekaragaman tumbuhan semak di areal reklamasi pertambangan batubara. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dari buku ilmiah digital sebagai materi penunjang konsep Keanekaragaman Hayati (khusus  Sekolah Menengah Atas, kelas X). Bahan penyusunan buku ilmiah digital adalah tumbuhan semak pada plot permanen di areal reklamasi pertambangan batubara PT Adaro Indonesia (di Kalimantan Selatan). Pengembangan buku ilmiah digital menggunakan model Borg and Gall (1983). Buku ilmiah digital termasuk sangat valid (skor 3,66) dan hasil keterbacaan yang sangat baik (skor 3,21). Buku ilmiah digital secara prosedural dan teoritis layak digunakan dalam proses pembelajaran.  Kualitas produk pengembangan termasuk sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...