Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan atau pengembangan produk terhadap volume penjualan biskuit PT. Makindo Perdana di Jakarta. Populasi yang diamati adalah karyawan dari perusahaan pemaklon di PT. Makindo Perdana, yang terdiri atas 35 karyawan dari 14 perusahaan, yang bertanggung jawab atas pembelian biskuit produksi PT. Makindo Perdana. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, dengan demikian sampelnya terdiri dari 35 karyawan tersebut di atas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada taraf nyata lima persen, kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial tehadap volume penjualan PT. Makindo Perdana, pengembangan produk berpengaruh secara parsial tehadap volume penjualan PT. Makindo Perdana, serta kualitas pelayanan dan pengembangan produk berpengaruh secara simultan tehadap volume penjualan PT. Makindo Perdana, yang ditunjukkan oleh persamaan regresi: Y = 7,023 + 0,300 X1+ 1,092 X2, dimana X1 = Kualitas Pelayanan, X2 = Pengembangan Produk, Y = Volume Penjualan. Pengaruh simultan kualitas pelayanan dan pengembangan produk terhadap volume penjualan PT Makindo Perdana adalah sebesar 89,8%, sedangkan sisanya sebesar 10,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.Kata kunci: Kualitas pelayanan, pengembangan produk dan volume penjualan
Copyrights © 2022