JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Vol 8, No 2 (2022): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Gambaran nilai progress test pada mahasiswa kedokteran

Rima Kusuma Ningrum (Universitas Warmadewa)
Ni Wayan Diana Ekayani (Universitas Warmadewa)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2022

Abstract

Progress test merupakan evaluasi kemampuan mahasiswa pada ranah kognitif. Progress test telah dilaksanakan di FKIK Unwar sejak tahun 2018 dengan jumlah soal sebanyak 200. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemajuan nilai progress test pada mahasiswa kedokteran pada tahun 2018 sampai 2021 di FKIK Unwar. Penelitian ini juga menggambarkan kemajuan progress test angkatan mahasiswa pada setiap tahunnya. Penelitian ini merupakan  penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan nilai mahasiswa FKIK Unwar yang mengikuti progress test dari tahun 2018 sampai 2021. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan pada setiap angkatan pertahunnya. Dengan rerata kenaikan lima koma empat persen kenaikan tertinggi terjadi pada mahasiswa tahun ke-4 yaitu sebesar dua belas koma tujuh puluh tujuh persen dan rerata kenaikan terendah tahun ke-2 yaitu sebesar dua koma empat belas persen. Hasil ini mengindikasikan bahwa pada setiap tahunnya terjadi peningkatan pengetahuan pada mahasiswa kedokteran di FKIK Unwar. Progress test dapat digunakan sebagai evaluasi proses pembelajaran di pendidikan kedokteran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

JPPI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education, social science, and humanities. The Focus and scope of the journals are to 1) Provide a journal that reports research on topics that are of local and international significance across education, social science, and ...