RANDANG TANA - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 5 No 2 (2022): Randang Tana - Jurnal Pengabdian Masyarakat

PEMBUATAN SARINGAN CEPAT (RAPID FILTER) (Penggunaan Pipa PVC Dengan Sistem Pencuci Balik (Backwash) Di SMAN 1 Jejawi OKI)

Muhrinsyah Fatimura (Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas PGRI Palembang)
Muhammad Bakrie (Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas PGRI Palembang)
Reno Fitriyanti (Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas PGRI Palembang)
Aan Sefentry (Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas PGRI Palembang)
Rully Masriatini (Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas PGRI Palembang)
Husnah (Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas PGRI Palembang)
Nurlela (Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas PGRI Palembang)
Agus Wahyudi (Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Air adalah kebutuhan pokok setiap makhluk hidup terutama manusia, hewan serta tumbuhan. Tanpa air, mahluk hidup tidak akan bisa hidup. Kecamatan Jejawi merupakan wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan dengan jumlah penduduk 38.098 jiwa. Masyarakat Kecamatan Jejawi mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari yang berasal dari air sungai dan air sumur. Pemanfaatan sumber air dengan kualitas yang rendah berpotensi menyebabkan penyakit diare yang merupakan penyakit endemis potensial dan merupakan Kejadian Luar Biasa (KLB) yang dapat menyebabkan kematian. Prevalensi diare pada balita di Kabupaten OKI mencapai 11, 35 % yang mana Kecamatan Jejawi menempati urutan kelima kecamatan yang memiliki kasus tertinggi, yaitu sebanyak 1.328 kasus diare. Mengingat pentingnya fungsi air tersebut maka sebagai salah satu program studi di Universitas PGRI Palembang, program studi teknik kimia berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengelolaan lingkungan terutama di daerah Sumatera Selatan yang salah satunya tentang air. Beberapa mata kuliah yang tercantum pada kurikulum di program studi teknik kimia mempelajari tentang pengolahan air termasuk peralatan yang digunakan dalam pengelolaan air, seperti filter air atau penyaring air. Penyaring air merupakan alat yang dapat digunakan untuk menyaring serta meniadakan pengotor di dalam air dengan menggunakan penghalang atau sarana, baik secara proses kimia, fisika ataupun biologi. Filter air berguna secara meluas pada pengairan, air minum, akuarium serta kolam renang. Salah satu jenis filter yang umum digunakan yaitu filter air saringan cepat (Rapid Filter) dengan sistem pencuci balik (Back Wash). Oleh karena itu, sebagai penerapan hasil pembelajaran di prodi teknik kimia Universitas PGRI Palembang, serta membantu permasalahan yang dihadapi masyarakat Kecamatan Jejawi, khususnya civitas akademika SMAN 1 Jejawi, dalam hal pengolahan air bersih, dilakukan pelatihan pembuatan Filter air saringan cepat (Rapid Filter) dengan sistem pencuci balik (Back Wash).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrt

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Randang Tana-Journal of Community Service (JRT) was published since July 2018 by the Santu Paulus Ruteng School of Teacher Training and Education (STKIP). JRT Publishes twice a year in January and ...