Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Vol 10, No 2 (2022): JUNI 2022

PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN SISWA KELAS VII SMP PGRI 7 PALEMBANG

Jujur Gunawan Manullang (Program Studi Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang)
Widya Handayani (Program Studi Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang)
Endie Riyoko (Program Studi Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Peneltian ini dikukan dengan tujuan mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh permainan tradisional (tawanan, dang-adangan, goncang kaleng) terhadap kebugaran jasmani siswa kelas VII SMP 7 PGRI Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental one-group pretest-posttest design. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu permainan tradisional (tawanan, dang-adangan, goncang kaleng) sebagai variabel bebas dan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VII SMP7 PGRI Palembangsebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 160 orang dari4 kelas VII SMP 7 PGRI Palembangdan diambil sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa permainan tradisional (tawanan, dang-adangan, goncang kaleng) terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VII SMP 7 PGRI Palembangtersebut dapat dilihat dari rata-rata pretest 14,8 dan post-test 19,6.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

penjas

Publisher

Subject

Other

Description

Bravos is a national scientific journal published by the Physical Education Department of STKIP PGRI Jombang that are open to seeking innovation, creativity, and novelty. This journal particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of sport areas as follows physical ...