Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar)
Vol. 5 No. 1: Maret 2022

Pengembangan media pembelajaran aplikasi pembagian (APEM) berbasis android untuk siswa sekolah dasar

Sonya Indah Kurnia (Universitas Islam Balitar)
Ida Putriani (Universitas Islam Balitar)
Adin Fauzi (Universitas Islam Balitar)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2022

Abstract

Adanya permasalahan dalam kesulitan belajar matematika pada materi pembagian serta keterbatasan media pembelajaran sesuai kondisi saat ini yaitu pembelajaran online atau daring, sehingga siswa kesulitan memahami materi pembagian. Penelitian dan pengembangan bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran aplikasi pembagian (APEM). (2) Mengetahui keterbacaan media pembelajaran aplikasi pembagian (APEM). Penelitian yang digunakan termasuk jenis desain Research and Development (R&D).  Menurut Sugiyono (2017:407), model penelitian dan pengembangan terdiri  a) Potensi masalah, b) Pengumpulan data, c) Desain produk, d) Validasi desain, e) Revisi desain, f) Uji coba produk, g) Revisi produk. Jumlah populasi penelitian adalah 16 peseta didik yang berasal dari kelas III dan 9 pendidik di UPT SDN Kalimanis 02. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi dari 3 validator ahli materi mencapai 87.5% dengan kategori “Layak”. Hasil validasi dari 3 validator ahli media mencapai 85% dengan kategori “Layak”. Hasil validasi dari 3 validator ahli bahasa mencapai 93.33% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan angket keterbacaan media mendapat nilai 234 dari total maksimal nilai 250 sehingga mencapai persentase 93.6% dengan kategori “Sangat Layak”. Sehingga dapat disampaikan media aplikasi pembagian (APEM) dapat dimanfaatkan sebagai media penyampaian materi yang lebih menarik peserta didik untuk fokus dalam mengikuti proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fundadikdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar (Fundikdas) mengakomodasi penerbitan artikel ilmiah hasil tugas akhir di bidang pendidikan dasar yang berasal dari mahasiswa dan alumni PGSD FKIP UAD. FUNDIKDAS ini diterbitkan sebanyak 3 volume dalam setahun. Jurnal FUNDIKDAS dikelola atas kerjasama Prodi PGSD ...