Adanya permasalahan dalam kesulitan belajar matematika pada materi pembagian serta keterbatasan media pembelajaran sesuai kondisi saat ini yaitu pembelajaran online atau daring, sehingga siswa kesulitan memahami materi pembagian. Penelitian dan pengembangan bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran aplikasi pembagian (APEM). (2) Mengetahui keterbacaan media pembelajaran aplikasi pembagian (APEM). Penelitian yang digunakan termasuk jenis desain Research and Development (R&D). Menurut Sugiyono (2017:407), model penelitian dan pengembangan terdiri a) Potensi masalah, b) Pengumpulan data, c) Desain produk, d) Validasi desain, e) Revisi desain, f) Uji coba produk, g) Revisi produk. Jumlah populasi penelitian adalah 16 peseta didik yang berasal dari kelas III dan 9 pendidik di UPT SDN Kalimanis 02. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi dari 3 validator ahli materi mencapai 87.5% dengan kategori “Layak”. Hasil validasi dari 3 validator ahli media mencapai 85% dengan kategori “Layak”. Hasil validasi dari 3 validator ahli bahasa mencapai 93.33% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan angket keterbacaan media mendapat nilai 234 dari total maksimal nilai 250 sehingga mencapai persentase 93.6% dengan kategori “Sangat Layak”. Sehingga dapat disampaikan media aplikasi pembagian (APEM) dapat dimanfaatkan sebagai media penyampaian materi yang lebih menarik peserta didik untuk fokus dalam mengikuti proses pembelajaran.
Copyrights © 2022