JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Peningkatan Prestasi Belajar IPA dengan Penggunaan Alat Peraga Elektromagnet Pada Siswa Kelas V SD Negeri Bukit Tiga Aceh Timur

Nurul Fadillah (Universitas Sains Cut Nyak Dhien)
Ida Safitri (Universitas Sains Cut Nyak Dhien)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

Tujuan Pendidikan Nasional tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rokhani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Berdasarkan tujuan tersebut maka setiap pelajaran diharapkan semua siswa dapat menguasai ilmu yang dipelajari dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Akhir-akhir ini, siswa mendapat nilai tidak sesuai dengan yang diharapkan, siswa tidak ada motivasi dan kreatifitas dalam belajar serta siswa kesulitan memahami konsep tentang electromagnet. Dari masalah tersebut peneliti dapat menganalisis sebagai berikut: Penggunaan alat peraga pembelajaran kurang tepat sehingga anak tidak termotivasi serta prestasi belajar yang masih rendah pada mata pelajaran IPA pada pokok bahasan elektromagnetik. Berdasarkan uraian diatas maka, dalam melaksanakan tugas penelitian pembelajaran di sekolah peneliti mengambil judul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Alat Peraga Elektromagnet Pada Siswa Kelas V SD Negeri Bukit Tiga Aceh Timur. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data yang ada bahwa penggunaan Alat Peraga elektromagnet dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Bukit Tiga Aceh Timur.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...