JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Penerapan Perluasan UTAUT 1: Factor Yang Mempengaruhi Intensi Penggunaan Media Pembelajaran LMS (Kasus Mahasiswa Universitas Padjadjaran Dan Telkom University)

Ikhsan Fuady (Universitas Padjadjaran)
Titien Yusnita (INAIS Bogor)
Moch Armien Syifaa Sutarjo (Telkom University)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Pendemi covid 19 menjadikan institusi Pendidikan perlu melakukan inovasi pembelajaran jarak jauh. LMS merupakan satu teknologi media pembelajaran daring yang dapat diandalkan untuk efektifitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1).untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswaterhadap media pembelajaran LMS, (2). Untuk mengetahui pengaruh performa expectancy terhadap intensi penggunaan LMS, (3). Untuk mengetahui pengaruh effort expectancy terhadap intensi penggunaan LMS, (4). Untuk mengetahui risk perception terhadap intensi penggunaan LMS, dan (5). Untuk mengetahui pengaruh persepsi harga terhadap intensi penggunaan LMS. Penelitian ini menggunakan metode survey, dengan sampel mahasiswa Universitas Padjadjaran dan Telkom university. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa factor factor yang mempengaruhi intensi penggunaan LMS adalah Performa Expectancy, Effort Expectancy, Risk Perception, variable ini memiliki kontribusi sebesar 49,5 %. (a) Secara umum persepsi mahasiswa terhadap learning management system (LMS) dapat dikategorikan moderate atau sedang, (b) Performa expectancy memiliki pengaruh terhadap niat atau intensi mahasiswa dalam menggunakan LMS sebagai media pembelajaran (c) effort expectancy memiliki pengaruh terhadap niat atau intensi mahasiswa dalam menggunakan LMS sebagai media pembelajaran, (d) Risk perception atau persepsi terhadap resiko LMS memiliki pengaruh terhadap niat atau intensi mahasiswa dalam menggunakan LMS sebagai media pembelajaran, (E). Perspesi harga tidak memiliki pengaruh terhadap intensi penggunaan LMS.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...