JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Video Penunjang Praktikum Berbasis Problem Based Learning pada Materi Radiasi Termal dan Difraksi LASER

Hikmah Syiarah (Universitas Jambi)
Sri Purwaningsih (Universitas Jambi)
Haerul Pathoni (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Radiasi termal dan difraksi laser tak jarang dipandang mahasiswa sebagai materi yang sulit untuk dipahami karena materinya yang bersifat abstrak, sehingga perlu sebuah metode pembelajaran yakni dengan melakukan praktikum agar mahasiswa dapat mempelajari materi secara real. Untuk melakukan praktikum dibutuhkan media pembelajaran berupa video penunjang praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan video penunjang praktikum dan mengetahui respon mahasiswa terhadap video penunjang praktikum yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian four-D (4D) yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Video penunjang praktikum divalidasi oleh dua validator ahli yang merupakan dosen Pendidikan Fisika Universitas Jambi, diperoleh hasil validasi dalam kategori sangat layak dengan skor untuk validasi media yaitu 92,5% sedangkan untuk validasi materi memperoleh skor 100%. Untuk respon mahasiswa terhadap video penunjang praktikum pada uji coba terbatas berada dalam kategori sangat layak dengan skor 82,87%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...