Radiasi termal dan difraksi laser tak jarang dipandang mahasiswa sebagai materi yang sulit untuk dipahami karena materinya yang bersifat abstrak, sehingga perlu sebuah metode pembelajaran yakni dengan melakukan praktikum agar mahasiswa dapat mempelajari materi secara real. Untuk melakukan praktikum dibutuhkan media pembelajaran berupa video penunjang praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan video penunjang praktikum dan mengetahui respon mahasiswa terhadap video penunjang praktikum yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian four-D (4D) yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Video penunjang praktikum divalidasi oleh dua validator ahli yang merupakan dosen Pendidikan Fisika Universitas Jambi, diperoleh hasil validasi dalam kategori sangat layak dengan skor untuk validasi media yaitu 92,5% sedangkan untuk validasi materi memperoleh skor 100%. Untuk respon mahasiswa terhadap video penunjang praktikum pada uji coba terbatas berada dalam kategori sangat layak dengan skor 82,87%.
Copyrights © 2022