Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) Stimulasi Persepsi Halusinasi Terhadap Tingkat Kecemasan pada Pasien Halusinasi Pendengaran di RS Jiwa Islam Klender Tahun 2022

Shafavid Hafizah Fitri (STIKes Abdi Nusantara Jakarta)
Mahyar Suara (STIKes Abdi Nusantara Jakarta)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2022

Abstract

di kehidupan sosial, seringkali kita jumpai tentang masalah-masalah gangguan kesehatan yang harus kita hadapi, masalah tersebut seringkali mengganggu kehidupan kita baik masalah yang berasal dari faktor internal maupun eksternal. Salah satunya adalah kesehatan jiwa yang tidak lagi hanya membahas tentang masalah gangguan jiwa saja, tetapi pemenuhan kebutuhan perasaan bahagia, sehat, serta mampu menangani tantangan hidup, mengandung berbagai karakteristik positif yang menggambarkan keselarasan dan keseimbangan jiwa yang mencerminkan kedewasaan dari kepribadian yang bersangkutan. Gangguan jiwa ringan misalnya depresi yang tidak terlalu berat yang ditandai oleh gejala seperti murung, tidak bersemangat, atau panik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) stimulasi persepsi halusinasi terhadap tingkat kecemasan pada pasien halusinasi pendengaran di RS Jiwa Islam Klender. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental. Jumlah sampel sebanyak 10 orang dengan rancangan penelitian one group pre test & post test. Analisa penelitian ini menggunakan uji Test Wilcoxon Sign Rank Test. Dari hasil penelitian ini mengetahui pengaruh antara Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) stimulasi presepsi halusinasi terhadap tingkat kecemasan pada pasien halusinasi pendegaran. Didapatkan hasil uji Test Wilcoxon Sign Rank Test dengan statistic nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.004 atau nilai p <0,05. Kesimpulan dari penelitian yaitu terdapat pengaruh Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) sehingga didapatkan hasil bahwa tingkat kecemasan ringan sesudah dilakukan Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) pada responden dibandingkan dengan sebelum dilakukan Terapi Aktivitas Kelompok (TAK).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...