Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Efektifitas Bimbingan Kelompok Teknik Behavior Therapy Terhadap Perilaku Tanggung Jawab Merapikan Alat Bermain Pada Anak Di TK Arruhama Kota Payakumbuh

Nora Martini (1TK Arrruhama Kota Payakumbuh)
Masril Masril (IAIN Batusangkar,)
Dasril Dasril (IAIN Batusangkar,)
Yuliana Nelisma (IAIN Batusangkar)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok teknik behavior therapy terhadap tanggungjawab merapikan alat bermain pada anak di TK Arruhama Kota Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperimen dengan bentuk desain The One Group Pre-Test Post-Test. Dalam penelitian ini penulis memberikan treatmet bimbingan kelompok teknik behavior therapy kepada lima belas orang penelitian adalah anak-anak TK Arruhama Kota Payakumbuh yang belum mampu bertanggungjawab dalam merapikan alat bermain sebayank lima kali treatment. Adapun teknik pengambilan sampel adalah menggunakan random sampling. Sementara itu teknik analisis data yang digunakan adalah statistik uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peninggkatan perilaku tanggungjawab dalam merapikan alat bermain pada anak di TK Arruhama Kota Payakumbuh setelah diberikan treatment bimbingan kelompok teknik behavior therapy. Dari hasil analisis data diperoleh skor pre-test sebanyak 300 poin,setelah diberikan treatment jumlah skor meninggkat menjadi 352 poin,dengan selisih peningkatan skor sebanyak 52 poin. Artinya hasil post-test mengalami peningkatan setelah diberikan treatment. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik behavior therapy efektif untuk meningkatkan perilaku tanggungjawab merapikan alat bermain pada anak di TK Arruhama Kota Payakumbuh.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...